Log in

Tiga Kafilah Sumut Masuk Final

Dua Kafilah Sumut Ahmad Subhan (kiri) dan Mira Mustika(kanan) berhasil menjadi finalis dengan cabang Khat Alquran golongan Kaligrafi Kontemporer, grand final akan dilaksanakan hari ini, Kamis (11/10/2018) di Gedung Serba Guna Indoor Jl. Williem Iskandar - Medan. Dua Kafilah Sumut Ahmad Subhan (kiri) dan Mira Mustika(kanan) berhasil menjadi finalis dengan cabang Khat Alquran golongan Kaligrafi Kontemporer, grand final akan dilaksanakan hari ini, Kamis (11/10/2018) di Gedung Serba Guna Indoor Jl. Williem Iskandar - Medan.

Cabang Kontemporer dan Hiasan Mushaf di MTQN

Medan-amdalas Tiga Kafilah Sumatera Utara (Sumut) masuk tiga besar cabang Musabaqah Khath Qur’an (MKQ) golongan Kontemporer dan Hiasan Mushaf berdasarkan penilaian Dewan Hakim. Meskipun berdebar, peserta tuan rumah yakin melaju ke babak final dan meraih juara. Untuk Hiasan Mushaf putri, nama Millah Hayati asal Sumut mendapat nilai 257,5 menempati posisi kedua dari tiga besar lainnya yakni Nisfa Juwita asal Banten (267,5) dan Irma Puspitasari (DKI Jakarta). Sementara lomba kaligrafi Kontemporer putra, Ahmad Subhan asal Sumut memperoleh nilai 271menempati posisi kedua, mengungguli Hendra Saputra asal Kepri dengan nilai 259 (posisi ketiga),sedangkan Yudhi Dwi Arifianto (Yogyakarta) mendapat nilai 282 di posisi teratas.

“Saya pun nggak menyangka bisa masuk tiga besar. Ya mungkin berkat doa, dukungan dan berusaha selama pelatihan di Jawa Barat (Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an) tiga bulan, tanpa disangka saya masuk final,” ujar Ahmad Subhan usai pengumuman nilai oleh Dewan Hakim, Rabu (10/10) siang. Putra asal Kabupaten Langkat ini mengaku tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan karya seninya karena sesuai dengan apa yang dipelajari selama pelatihan. Meskipun begitu, dirinya tetap berdebar menunggu pengumuman mengingat para pesaingnya dari 33 provinsi juga punya karya yang sangat bagus. Karena itu pula, segala persiapan akan dilakukan menjelang babak final besok (Kamis, 10/10). Selain itu, tiga besar untuk Sumut juga diraih Mira Mustika untuk kategori lomba Kontemporer putri dengan nilai 264,5. Sedangkan pesaingnya Suci Melati asal Kalimantan Selatan memperoleh nilai 274dan Jauhara Sa’adati (DI Yogyakarta) dengan niali 255,5.

“Alhamdulillah, puji syukur Kepada Allah SWT. Juga (terimakasih) kepada orang tua dan teman-teman se-kafilah atas dukungannya. Ya saya nggak nyangka bisa masuk final,” kata putri asal Tebing Tinggi ini. Menanggapi hasil karya para peserta, Dewan Hakim H. Muhammad Faiz Abdul Razaq menyebutkan nilai keindahan dan kualitas saat ini empat kali lipat lebih baik dibandingkan sebelumnya. Bahkan kesemuanya sudah pantas dibandingkan dengan karya dari Turki, Mesir dan Brunei Darussalam.

Maqalah Alquran, Dua Peserta Sumut ke Semi Final

Sementara itu, dua peserta asal Sumatera Utara golongan Putra nomor 002 Mhd Handika Surbakti sarjana hukum ekonomi syariah UIn Sunan Ampel Surabaya dan Golongan Putri nomor 001 Andini Aprillia masuk semifinal Cabang Musabaqah Maqalah Al Qur'an (M2IQ). Keduanya masuk ke babak semi final setelah bersaing dari 54  peserta golongan putra dan putri. Dr AKHhyar Zein MA selaku pembimibing merasa bersyukur keduanya dapat masuk ke babak semi final. "Selain saya juga ada pak Dr Watni Marpaung MA dosen FKM UINSU yang membimbing yang persiapannya setshun lebih," kata Akhyar Zein dosen Pasca Sarjana UIN, Rabu (11/10) di tempat perlomban Akademi Pariwisata Gedung Sumekto Djajanegara jl. RS Haji Pancing. Dijelaskannya, mereka membimbing beberapa kali perjumpaan di tiga tempat yaitu di asrama UIN SU, Pasca Sarjana UINSU dan asrama haji Medan dan selebihnya diserahkan kepada yang lain dengan persiapan setahun lebih. (wan/yn)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 13 Dec 2018 26°C 23°C
  • 14 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px