Log in

Sumut Berpeluang Raih Emas

Peserta tim putra gembira dan memeluk keluarganya usai lolos ke final di cabang fahmil qur’anpada perhelatan MTQN XXVII, Rabu (10/10/2018) di aula UIN Sumatera Utara. Peserta tim putra gembira dan memeluk keluarganya usai lolos ke final di cabang fahmil qur’anpada perhelatan MTQN XXVII, Rabu (10/10/2018) di aula UIN Sumatera Utara.

Cabang Fahmil Quran

Medan-andalas Setelah memastikan satu tempat di final, kafilah tuan rumah Provinsi Sumatera Utara berpeluang meraih medali emas dari cabang fahmil qur’an golongan putra dan putri pada perhelatan MTQN XXVII. Peluang  emas ini didapat setelah pada babak semi final pada Rabu (10/10/2018) di aula UIN Sumatera Utara, tim putra dan putri berhasil tampil sebagai juara grup di babak semi final dan menyisihkan lawan-lawan mereka. Untuk tim putri yang digawangi Hilmiyah Humaidi Damanik, Shofiah Nurul  Huda dan Husnatul Mulya berhasil mengusai jalannya lomba dengan mengumpulkan nilai 1460 poin. Ketiganya menyisihkan tim tamu kafilah asal Sulawesi Barat dan Gorontalo.

Sementara tim putra yang diwakili Zaky Marzuki Affandi, Muhammad Nizar Hamdi Nasution dan Nouval Mursyid Rahmadinata berhasil menyisihkan dua lawan berat asal Sumatera Selatan dan Sumatera Barat. Bahkan pada babak akhir soal rebutan sempat terjadi persaingan sengit antara tim putra Sumut dengan tim Sumatera Barat. Beruntung Nizar Hamdi dan kawan-kawan suskes menyapu bersih soal terkahir dengan skor tipis 1265 untuk Sumut dan 1110 untuk Sumatera Barat. Ketua Lembaga Pengembangan Tilawah Al-Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara Dr.H.Asren Nasution MA yang turut hadir dan memberikan dukungan langsung pada tim tuan rumah di babak semi final ini mengaku  bangga akhirnya Sumut berhasil menghentikan puasa gelar dari cabang fahmnil qur’an yang sudah puluhan tahun tidak pernah menembus final.

Tips dari Juara Tafsir Bahasa Inggris

Sementara itu, Niswatul Mufidah dari JawaBarat berhasil meraih  juara I kelompok putri lomba Tafsir Bahasa Inggris Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII 2018, Kamis (11/10) di Aula Gedung H Anif kompleks Unimed Jalan Pancing Medan. Niswa yang tampil sebagai juara tersebut berhasil mendapatkan nilai tertinggi sebesar 196, menyusul kafilah Nangroe Aceh Darussalam (NAD) atasnama Masnaria Dewi Rahmah yang peroleh nilai 192,1, dan posisi ke-3 ditempati Izzatur Rifdah Ismail (DKI Jakarta) mendapat nilai 188,1. Niswatul   memaparkan tips yang diberikan para pelatih untuknya bagaimana agar mencapai prestasi terbaik. "Kalau bicara tips, saya selalu ditekankan agar percaya diri, kedua luruskan hati, selanjutnya terus belajar dan terakhir banyak istirahat," kata Niswa saat ditemui usai menjadi peserta terakhir kelompok putri tafsir Bahasa Inggris, Kamis (11/10). (wan)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px