Log in

Sumut Belum Miliki Puskesmas Terakreditasi Paripurna


Medan-andalas Dari 538 Puskesmas yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), hingga kini belum ada satupun terakreditasi paripurna. "Sampai kini belum ada yang paripurna. Tapi 408 diantaranya sudah terakreditasi. Tahun ini diharap tuntas," ungkap Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, kepada wartawan, Selasa (20/8) di ruang kerjanya.

Disebutkannya, dari jumlah Puskesmas yang sudah terakreditasi, 16 diantaranya akreditasi utama, 50 persennya akreditasi Madya dan hampir 50 persennya adalah akreditasi dasar. Sisanya, sama sekali belum terakreditasi apapun, juga ada satu Puskesmas di Kabupaten belum terakreditasi.

Padahal, menurut Alwi, akreditasi sangat berkaitan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan. Ini juga berkaitan dengan meningkatnya kualitas layanan kesehatan di Provinsi.

"Indikator akhirnya adalah, menurunnya angka kunjungan pasien berobat ke luar negeri," ucapnya didampingi Sekretaris Dinkes Sumut Ridesman.

Ia juga menyampaikan, dalam mewujudkan Universal Health Coverege (UHC), akan berhasil ketika akses kesehatan terjangkau masyarakat. Namun, di Sumut akses sejauh ini capaiannya baru menyentuh angka 72 persen.

"Jadi masih ada seperempat masyarakat tidak punya akses kesehatan, baik kuratif dan preventif. Makanya kita harus bisa jemput bola," ujar Alwi. 

Selain itu, ia juga menyinggung masalah Stunting atau anak tubuh pendek di Sumut, dimana hasil Riskesdas 2018, rata rata kasusnya di masih dibawah angka nasional yakni 32,2 persen.

Sedangkan menurut WHO persentase angka stunting berada diangka 20 persen."Jadi, rasanya saya tidak ikhlas. Karena 32,2 persen itukan sama dengan satu dari tiga anak bertubuh pendek. Makanya angka yang saya inginkan itu 0 persen. Artinya 1 diantara 3 anak ini akan kalah bersaing secara absolut pada masanya nanti (dewasa)," ujarnya.

Disebutkannya, angka yang mau dicapai di Sumut 27 persen. Namun, hal ini bukan capaian yang diharapkan, sebelum kasus stunting benar benar dihilangkan.

"Makanya, dalam mengeliminirnya kita tidak ingin melakukanya sendiri tetapi harus secara bersama sama dengan mengajak semua lini," pungkasnya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px