Log in

Sofyan Tan : Guru Elemen Penting Sukseskan Penjiwaaan Empat Pilar Kebangsaan

Sosialisasi:Ratusan guru dan kepala sekolah Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dari Anggota MPR RI, dr Sofyan Tan di Gedung Sekolah YPSIM, Jalan T Amir Hamzah, Medan Sunggal, Selasa (12/3) kemarin.Andalas/ist Sosialisasi:Ratusan guru dan kepala sekolah Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dari Anggota MPR RI, dr Sofyan Tan di Gedung Sekolah YPSIM, Jalan T Amir Hamzah, Medan Sunggal, Selasa (12/3) kemarin.Andalas/ist

Medan-andalas Ratusan guru dan kepala sekolah Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dari Anggota MPR RI, dr Sofyan Tan di Gedung Sekolah YPSIM, Jalan T Amir Hamzah, Medan Sunggal, Selasa (12/3) kemarin.

Keempat Pilar Kebangsaan ini yakni Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa, UUD RI tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Anggota MPR RI dr Sofyan Tan mengatakani, menjadikan guru sebagai sasaran sosialisasi empat pilar sangat strategis. Karena guru adalah elemen penting dalam mensukseskan penjiwaan empat pilar kebangsaan sebagai tenaga pendidik.

"Guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Profesi guru sangat membantu dalam meningkatkan wawasan empat pilar para peserta didik. Dalam setiap praktek proses belajar mengajar guru bisa menyertakan atau menyelipkan nilai-nilai empat pilar,"kata Sofyan Tan yang juga Tokoh Pembauran ini.

Menurutnya, guru menjadi garda utama dalam penguatan nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Apalagi mereka setiap hari melakukan proses penanaman nilai dan karakter pada generasi muda. "Seperti yang kita ketahui bersama guru memiliki daya jangkau dan intensitas tinggi dalam interaksi dengan generasi muda. Untuk itu saya minta guru lebih intens dalam membumikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan kepada siswa,"pinta Sofyan Tan.

Disamping itu sebut Sofyan Tan, guru juga mampu melakukan pendekatan yang lebih baik dalam memasukkan pemahaman empat pilar kebangsaan serta lebih memahami pendekatan seperti apa yang lebih tepat untuk menumbuhkan pengetahuan dan penjiwaan nilai-nilai empat pilar kepada generasi muda.

Dihadapan para guru Sofyan Tan juga mendorong agar guru terlibat aktif dalam mensosialisasi empat pilar kebangsaan. Pasalnya sosialisasi empat pilar kebangsaan ini tidak hanya tanggung jawab guru mata pelajaran pendidikan kewarga negaraan. Tetapi semua guru harus memiliki pemahaman dan rasa tanggung jawab yang sama dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan pada generasi muda.

"Saya  berharap adanya sosialisasi ini para pendidik dapat memberikan pengetahuan terkait empat pilar kebangsaaan mengingat saat ini merupakan era digital sehingga para guru diharapkan mampu menerapkannya dengan cara inspiratif dan mudah dimengerti oleh para siswa,"ujarnya

Usai penyampaian materi sosialisasi dilanjutkan dengan tanya jawab kepada para guru  yang menjadi peserta sosialisasi terkait materi yang disajikan.

Sementara, Christine salah satu guru di YPSIM menyatakan, sangat mengapresiasi dr Sofyan Tan yang mau berbagi pengetahuan empat pilar kebangsaan kepada para guru di sekolah.

“Ini tentu merupakan agenda positif dari Anggota MPR RI, kami yang berprofesi sebagai guru sangat mengapresiasi karena  seorang anggota dr Sofyan Tan mau berbagi pengetahuan empat pilar kebangsaan kepada kami yang tentunya bisa menambah  wawasan. Hal ini tentu akan kami aplikasikan juga kepada murid kami,"tandasnya.(Siong)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px