Log in

RS Pirngadi Masih Nunggak Rp4 Miliar


Gaji Honorer Bulan Mei Dibayar

Medan-andalas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan akhirnya membayarkan gaji para pegawai honorer walaupun hanya untuk bulan Mei saja. Sementara kewajiban yang harus dibayarkan sampai bulan September. "Sudah dibayarkan gajinya kemarin satu bulan untuk bulan Mei," kata Kasubag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Edison Peranginangin, Rabu (10/10) di ruang kerjanya. Edison menyebutkan, jika beban gaji yang harus dibayarkan kepada sebanyak 600-an pegawai honorer itu, masih ada sekitar Rp 4 Miliar lagi. Sebab masing-masing bulan, pengeluaran RSUD Dr Pirngadi untuk membayar tenaga honornya mencapai sekitar Rp 1 Miliar. "Jadi walau sudah kita bayar 1 bulan, masih ada 4 bulan lagi yang belum," ujarnya.

Edison mengatakan, rumah sakit sudah melayangkan tagihan ke BPJS Kesehatan untuk bulan Juni dan Juli. Bila itu sudah dibayarkan, maka gaji honorer tentu bisa kembali dibayarkan. "Jadi kita minta sabar dulu lah. Kalau nanti sudah dibayarkan pasti kita berikan hak pegawai honor itu," katanya. Apalagi, sebut Edison, 95% pendapatan RSUD Pirngadi Medan, saat ini berasal dari BPJS Kesehatan. Namun, dengan adanya sistem rayonisasi yang berlaku dalam perobatan BPJS Kesehatan berupa sistem berjenjang, membuat jumlah pasien di rumah sakit tipe B ini menurun. "Kalau mengandalkan pendapatan pasien umum tentu tidak mampu, karena pasiennya hanya 5%," ungkapnya.

Edison berharap, agar bagi rumah sakit pemerintah seperti RS Pirngadi, sistem rayonisasi ini kiranya tidak perlu diberlakukan. Sehingga, pasien dari klinik bisa langsung mengambil rujukan RS ini tanpa harus mendahului RS tipe B. "Dengan berlakunya sistem berjenjang, maka Pirngadi sebagai RS kelas B pendidikan juga khawatir kualitas siswa yang tamat berkurang karena tidak banyak menangani pasien. Oleh sebab itu, seperti yang diharapkan Direktur dr Pirngadi Suryadi Panjaitan, kiranya sebagai rumah sakit kelas B milik pemerintah, agar tidak melaksanakan sistem rayonasi ini," katanya mengakhiri. (YN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 4.83 km/h

  • 13 Dec 2018 26°C 23°C
  • 14 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px