Log in

Puskesmas Jadwalkan Suntik Meningitis Calhaj


Medan-andalas Suntik vaksin meningitis merupakan kewajiban yang diberikan kepada calon jemaah haji (Calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji. Karenanya, Puskesmas di Medan telah menjadwalkan suntik vaksin tersebut. "Masing-masing Puskesmas sudah menjadwalkan suntik vaksin meningitis kepada calon jemaah haji. Tadi, Puskesmas Bestari juga melakukan suntik," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Medan, dr. Muthia, Rabu (16/5) di Medan. Dirinya meminta kepada Calhaj untuk divaksin meningitis karena itu wajib bagi jemaah yang mau masuk ke Arab Saudi dan itu merupakan peraturan dari Arab Saudi.

"Jamaah yang sudah disuntik vaksin meningitis akan mendapat sertifikat yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Vaksin itu untuk melindungi diri kita agar tidak tertular dari penyakit meningitis, karena banyak jamaah dari berbagai negara  berkumpul di Arab Saudi," jelasnya. Sementara itu, Kepala Puskesmas Bestari dr. Indra mengatakan, ada lima KBIH di wilayah kerja Puskesmas Bestari. "Ada lima KBIH, maka harus dijadwalkan. Sebab, kalau tidak maka bisa membludak yang datang. Kasihan mengantre-antre. Saat ini sudah sekitar 130 dari 4000 calon jemaah yang sudah disuntik meningitis," katanya.

Dia juga mengatakan, vaksin meningitis wajib disuntikkan kepada calon jamaah haji yang hendak berangkat  ke Arab Saudi. "Itu untuk mencegah meningitis atau penyakit infeksi yang menyerang selaput otak. Kalau dia terinfeksi maka terganggu otaknya, kejang pada otot polos, sulit bernafas, kaku kuduk. Gejala awalnya demam, pilek, lambat laun refleksi kesadaran pun hilang. Penularan penyakit ini melalui saluran pernafasan," terangnya. Pihaknya, lanjut Indra, bekerjasama dengan sejumlah KBIH dalam memeriksakan kesehatan jamaah haji. "Calhaj memeriksakan secara rutin kesehatan di Puskesmas. Karena itu, bagi calon jemaah yang memiliki riwayat penyakit, diminta untuk mengikuti anjuran tenaga kesehatan yang mendampingi," ujarnya. Kabid P2P Dinkes Sumut, dr N.G. Hikmet menyebutkan, sudah ada kabupaten/kota yang melakukan suntik meningitis terhadap calon jemaah haji. "Tapi belum semua, karena masih ada kabupaten/kota yang belum mengambil vaksin meningitis ke kita. Kita imbau segera diambil," katanya. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

29°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 79%

Wind: 11.27 km/h

  • 22 May 2018 30°C 23°C
  • 23 May 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px