Log in

Psikolog UHN Ervina Siahaan: Guru Harus Paham Karakter Siswa

Para pembicara duduk bersama sesaat sebelum seminar“Profesionalisme Pendidik di Era Milenial” yang diselenggerakan BEM FKIP UHN. Para pembicara duduk bersama sesaat sebelum seminar“Profesionalisme Pendidik di Era Milenial” yang diselenggerakan BEM FKIP UHN.

Medan-andalas Psikologi Universitas HKBP Nommensn (UHN) Medan ErvinaSiahaan Mpsi mengatakan, guru harus paham betul apa itu karakter siswa yangesesnsial, yaitu kebijaksanaan, keadilan, kasih, dan kestabilan, serta kendalidiri. Untuk itu guru harus bisa melakukan adaptasi. Hal itu dikatakan dosen Fakultas Psikologi UHN itu saatmenjadi pembicara pada seminar “Guru JJaman Now, Profesionalisme Pendidik diEra Milenial” yang digelar BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)UHN di Gedung Perpustakaan kampus tersebut, baru-baru ini.

Seminar yang dibuka Wakil Dekan Khusus Bidang Akademik Drs. Juliver NainggolanMSi itu juga menghadirkan dosen Unimed Dr R Mursid ST MPd sebagai pembicara.Seminar dipandu oleh dosen FKIP UHN Samuel Sinaga MPd. Ervina juga menjelaskan ciri-ciri anak jaman now sepertimelek teknologi, modis, dan kenakalan. “Ini yang harus kita arahkan dan untuk mengarahkannyatentu butuh teknik khusus,” tuturnya. Dalam hal ini, tambahnya, seorang guru harus mampu mendidikanak yang memiliki karakter kebijaksanaan seperti  memimiliki penilaian yang baik, kemampuan mengambilkeputusan yang masuk akal, membedakan mana yang menjadi prioritas. Sedangkankarakter keadilan adalah menghormati orang lain, menghormati diri sendiri,kemampuan untuk menahan atau menunda kepuasan, tangung jawab, kejujuran dan kesopanan.

“Dalam  rangka inilahseorang guru dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugasnya. Di jaman nowini guru harus juga mampu mengembangkan sikap positif, kerja keras, berintegritasdan mampu mengendalikan diri dengan baik,” tandasnya seraya menambahkan guruyang profesional adalah kekuatan bangsa ini karena tanpa guru negara ini tidak akan maju. “Keberadaban dan kemajuan sebuah bangsa sangat tergantung ditangan guru.  Kita harus belajar keJepang, Korea, Malaysia, Amerika Serikat, Finlandia yang negaranya maju karenamemang gurunya sangat berkualitas,” tambah Ervina Siahaan. Sedangkan Juliver Nainggolan dalam sambutannya mengatakan, komitmenFKIP UHN untuk mencetak guru profesional dengan ciri integritas yang kuatmerupakan visi dan misi FKIP UHN. Fakultas ini mengutamakan pembangunankarakter yang berdasar iman Krsitiani. “Dekanat juga mendukung semua kegiatan yang dilakukan olehBEM FKIP untuk membangun karakter keguruan mereka dengan baik,” tegas JuliverNainggolan. (HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 87%

Wind: 0.00 km/h

  • 22 Sep 2018 27°C 22°C
  • 23 Sep 2018 30°C 21°C

Banner 468 x 60 px