Log in

PMII Apresiasi Pelaksanaan Hari Aksara Internasional di Deli Serdang

Ketua PC PMII Kabupaten Deli Serdang Muhammad Irfan danpengurus lainnya diabadikan bersama Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan disela-sela peringatan HAI 2018 di Alunalun Lubuk Pakam. Ketua PC PMII Kabupaten Deli Serdang Muhammad Irfan danpengurus lainnya diabadikan bersama Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan disela-sela peringatan HAI 2018 di Alunalun Lubuk Pakam.

Medan-andalas Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PCPMII) Kabupaten Deli Serdang menyampaikan apresiasi yang tinggi atas suksesnyapelaksanaan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional di Alun-alun Lubuk Pakam Deli Serdang pada 6 -9 September 2018.

“Kabupaten Deli Serdang di bawah kepemimpinan Bupati HAshari Tambunan dan Wabup H Zainuddin Mars sangat pantas sebagai tuan rumahpelaksanaan HAI tahun 2018. Karena angka buta aksara di Deli Serdang tercatat 900orang atau sekitar 0,18 persen saja. Jumlah ini jauh dari rata-rata nasional yang berjumlah 3,38 juta orang atau 2,07 persen,” kata Ketua PC PMII Kabupaten Deli SerdangMuhammad Irfan kepada andalas, di Medan, Selasa (11/9).

Menurut Irfan, penunjukan Deli Serdang sebagai tuan rumahHAI Tingkat Nasional karena Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sukses membangun sektorpendidikan termasuk pemberantasan buta aksara.

“Kami sangat bangga Deli Serdang menjadi tuan rumah HariAksara Internasional tahun 2018 dan sangat mengapresiasi kesiapan dan kinerja PemerintahKabupaten setempat dalam pelaksanaan hajatan tingkat nasional tersebut,” tutur Irfan.

Irfan menyatakan, kesuksesan dalam penyelenggaraan evennasional ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi PMII Deli Serdang untukterus menjalankan tugasnya membangun semangat literasi guna membantu kinerjapemerintah menurunkan angka buta aksara di Kabupaten Deli Serdang.

Seperti diketahui, pelaksanaan HAI di Deli Serdangberlangsung meriah, diawali dengan acara malam sekapur sirih Festival LiterasiIndonesia dan pembukaan pameran Hari Aksara Internasional (HAI), Kamis (6/9)lalu.

Acara ditandai dengan pemukulan bedug oleh Direktur JenderalPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Harris Iskandarbersama Bupati H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati H Zainuddin Mars, didampingiKadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Ferlin H Nainggolan, Sekdakab DarwinZein, unsur FKPD Deli Serdang dan undangan lainnya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Tarian Melayu, tari makinang, serampang dua belas, kolaborasi puisi, rongen bersama serta penampilan artisDuo Alfin.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) danPendidikan Masyarakat Harris Iskandar mengatakan, peringatan HAI 2018 memilikiarti yang sangat penting dan strategis dalam rangka mengkampanyekan kepadajajaran pemerintah kabupaten/kota di Indonesia untuk memotivasi percepatanpenurunan angka buta aksara. Pasalnya, angka buta aksara secara nasional masihterdapat kurang lebih 3,38 juta orang atau 2,07 persen.  (HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px