Logo
Print this page

Plt Wali Kota Medan Edukasi Siswa SMPN 38 Cintai Kebersihan

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution memberi edukasi kebersihan kepada siswa SMP Negeri 38 Medan Jalan Marelan VII, Jumat (21/2). Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution memberi edukasi kebersihan kepada siswa SMP Negeri 38 Medan Jalan Marelan VII, Jumat (21/2).

Medan-andalas Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution memberi edukasi kebersihan kepada siswa SMP Negeri 38 Medan Jalan Marelan VII, Jumat (21/2). Lewat sejumlah pertanyaan terkait kebersihan, Akhyar berusaha mengajak para siswa untuk mencintai kebersihan mulai sejak dini. Setiap pertanyaan berhasil dijawab, Akhyar langsung memberi uang senilai Rp100 ribu kepada siswa bersangkutan. Di samping itu juga memberi kaos guna memotivasi para siswa agar senantiasa mencintai kebersihan.

Edukasi ini dilakukan Akhyar ketika menghadiri acara Edukasi Sadar Lingkungan di SMPN 38 Medan. Dikatakan Akhyar, edukasi penting dilakukan untuk menanamkan rasa cinta akan kebersihan kepada para siswa. Dengan begitu siswa nantinya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari- harinya, sehingga sangat membantu Pemko Medan dalam upaya menjadikan Kota Medan bersih sampah.

"Coba sebutkan hadist apa mengharuskan umat Islam hidup bersih," kata Akhyar kepada satu dari lima siswi yang dipanggil naik ke atas panggung. "Jika dijawab dengan benar, saya akan memberi uang," imbuhnya seraya menunjukkan uang pecahan Rp100 ribu.

Meski awalnya malu-malu tapi sang siswi dapat menjawabnya. Begitu juga dengan giliran empat siswi lainnya, mereka pun dapat menjawab pertanyaan diajukan, sehingga kelima siswi mendapat uang masing-masing Rp100 ribu dari Akhyar. "Ini saya lakukan karena anak-anak lebih gampang dibentuk untuk menjadi personal berkultur bersih," ungkapnya.

Dalam arahan singkatnya, Akhyar berpesan kepada seluruh guru agar senantiasa mengembangkan karakter dan budaya bersih kepada para siswa.

Usai memberi arahan, Akhyar lalu meninjau urban farming di halaman sekolah yang dikelola para siswa. Di tempat itu para siswa diajar bercocok tanam memanfaatkan kantong plastik sebagai sebagai wadahnya. Kemudian Akhyar mengecek kondisi kamar mandi sekolah untuk memastikan kebersihannya. Di samping itu juga meninjau taman literasi dan menyaksikan sejumlah siswa tengah mengajar tentang proses daur ulang sampah. Terakhir, Akhyar membubuhkan tanda tangan di lukisan mural di pagar beton sekolah.(BEN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com