Log in

Penggunaan Vaksin MR Diminta Tak Dipaksakan


Medan-andalas Komisi B DPRD Medan meminta penjelasan atas pengawasan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumut dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan terkait vaksin Measles Rubella (MR). Sebab, vaksin campak rubella diduga mengandung bahan tidak halal. “Kita menerima ada laporan bahwa vaksin ini diduga tidak halal. Apakah Apakah sudah diuji kelayakan kesehatan vaksin MR. Jika memang ada, kenapa masih ada warga yang mengalami sakit bahkan cacat setelah divaksin,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Medan, Rajuddin Sagala saat memimpin RDP tersebut kepada perwakilan BBPOM dan Dinas Kesehatan Kota Medan, Kamis (6/9) kemarin.

Dihadapan Ketua Komisi B DPRD Medan, Rajuddin Sagala, dan anggota, Jumadi, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Mimi menyebutkan, untuk kasus itu yang bertanggung jawab adalah pemerintah. Dikatakannya, vaksin rubella tetap diberlakukan lantaran menghindari dampak kematian akibat penyakit campak maupun rubella. “Penyakit campak dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Ini juga berpengaruh pada janin. Dampak dari ibu hamil yang tidak vaksin, bayi yang lahir akan cacat dengan ketulian, kebutaan, jantung yang bocor,” papar dr Mimi seraya menyebutkan vaksin MR itu berasal dari India.

Pihak BBPOM menambahkan, MUI sebelumnya menyatakan vaksin rubella dalam syariat Islam hukumnya mubah. Namun belakangan MUI memfatwakan haram karena mengandung babi. “Tapi itu kan fatwa MUI, kalau dari BBPOM vaksin ini dinyatakan aman sesuai standar WHO dan memiliki izin edar,” terang perwakilan BBPOM. Pada akhir RDP, Komisi B DPRD Medan merekomendasikan agar Dinas Kesehatan Kota Medan lebih giat melakukan sosialisasi dan kepastian halal vaksin harus dijelaskan. “Selain itu, kita minta jangan diwajibkan pemberian vaksin MR ini. Bagi yang mau saja silahkan divaksin. Jangan ada paksaan,” imbuh Rajuddin.  (THA)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px