Log in

Pengesahan Ranperda Kepling Ditunda


Medan-andalas Pemko dan DPRD Medan menunda pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pembentukan Lingkungan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Lingkungan. Meski sembilan fraksi menyetujui pengesahan ranperda tersebut menjadi Perda Kota Medan, penundaan lantaran Pemko dan DPRD Medan belum sepakat tentang pembentukan dan penataan lingkungan. "Kita pada prinsipnya mendukung bahwa ketentuan mengenai pembentukan lingkungan diberikan waktu empat tahun untuk dilakukan penataan lingkungannya," ungkap Ketua Fraksi PAN Bahrumsyah yang didukung Fraksi PDIP  dalam rapat paripurna DPRD, Senin (20/3).

Namun tujuh fraksi lainnya yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, PKS, PPP, Hanura, serta Persatuan Nasional tidak sependapat. Menurut ketujuh fraksi  ketentuan pembentukan lingkungan diberikan waktu dua tahun untuk penataan lingkungan. Hal itu sesuai hasil rapat finalisasi pansus ranperda tersebut. Akibat berbeda pendapat, pimpinan rapat paripurna Henry Jhon Hutagalung sempat menskor rapat tersebut guna melakukan koordinasi dengan para pimpinan fraksi.

Namun karena rapat koordinasi tidak juga mencapai kata sepakat, akhirnya rapat paripurna dengan agenda pengesahan ranperda yang turut dihadiri Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution itu ditunda. Ketua Pansus Robby Barus menyebutkan dalam ranperda, pengangkatan kepling akan berubah menjadi pembentukan lingkungan yang didasarkan atas jumlah penduduk, yakni memiliki penduduk paling sedikit 150 kepala keluarga. "Masa bakti kepala lingkungan juga akan diatur, yakni tiga tahun terhitung mulai tanggal ditetapkan dan dapat diangkat kembali untuk masa jabatan berikutnya," jelasnya. (THA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

28°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 75%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px