Log in

Pembayaran Honor Dokter Belum Jelas


Terkait Honor di RS Martha Friska

Medan-andalas Hasil pertemuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut dengan  manajemen Rumah Sakit Martha Friska  belum menemukan titik terang. Pertemuan yang berlangsung di Kantor Sekretariat IDI Sumut,Kamis (9/8) di Jalan Sei Serayu Medan itu membicarakan perihal belum dibayarnya honor sejumlah dokter spesialis yang belum dibayarkan oleh pihak rumahsakit. Namun, dalam pertemuan itu, belum ada kata pasti soal kapan pembayaran gaji sejumlah dokter spesialis rumah sakit swasta di Jalan Yos Sudarso tersebut. Pihak RS Martha Friska masih akan berkoordinasi dengan pemangku kebijakan tertinggi di sana.

"Dari hasil pertemuan tadi, IDI Sumut menyatakan meminta kepada pihak rumah sakit Martha Friska agar tidak lagi melakukan hal serupa. Kami dari profesi mengingatkan, harus ada kesepakatan tertulis yang memuaskan diantara profesi dan pemberi sarana pelayanan (RS Martha Friska) akan pelayanan (pembayaran gaji dokter) ke depan tidak terulang," tegas Ketua IDI Sumut, dr Edy Ardiansyah SpOG (K). Dikatakannya, pihak rumah sakit sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah dokter yang belum menerima honor. Namun, memang belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Namun kesepakatan belum dilakukan karena pemangku kebijakan tertinggi belum bisa membuat kesepakatan bersama pelaku profesi di sana. Untuk itu kita tidak ingin hal itu terulang dan agar segala kewajiban mereka terkait hak dokter di sana dibayarkan," tegas Edi kembali. Karenaya, akan dilakukan pertemuan kembali dengan pihak rumah sakit. Rencananya, pemilik rumah sakit tersebut akan datang untuk memberikan kepastian terhadap honor sejumlah dokter spesialis yang belum dibayarkan. "Nanti, hari Selasa (14/8) akan kita adakan lagi pertemuan. Di situ kita bahas lagi bagaimana ketegasan rumahsakit," katanya.

Edy menegaskan tidak ada niat untuk menghalang-halangi pihak rumah sakit melakukan pengembangan usaha mereka. "Kita tidak akan menghalangi rumahsakit untuk meningkatkan kesejahteraan. Namun pada prinsipnya bahwa setiap tindakan profesi dinilai sesuai jasanya," tukasnya. Sementara itu, perwakilan dari RS Martha Friska, Direktur Medis dan Keperawatan, dr Roslina usai pertemuan mengatakan, memang belum ada kepastian soal kapan mereka akan membayarkan honor sejumlah dokter spesialis yang ada di rumahsakit itu.

"Kebetulan kita hanya perwakilan, nanti akan dibahas lagi dengan pimpinan kita, namun yang pasti kami tidak ada niatan untuk tidak membayar honor sejumlah dokter di sana," katanya. Disinggung soal berapa jumlah gaji honor yang belum dibayarkan, Roslina mengatakan ada sebagian yang sudah dibayarkan. "Jadi bukan setahun, ada sebagian yang sudah dibayar. Jadi ada yang sudah dibayarkan sampai bulan November atau Desember tahun lalu. Jadi tidak semua setahun, ada satu atau dua orang saja yang belum dibayarkan," jelas Roslina. Sebelumnya, Dirut RS Martha Friska dr Robert PH Siahaan mengaku belum dibayarkannya honor dokter di sana karena sedang membeli lahan untuk parkir rumah sakit. "Pemilik rumah sakit akan menjual asetnya untuk menutupi hal itu," katanya. (YN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 9.66 km/h

  • 15 Dec 2018 29°C 22°C
  • 16 Dec 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px