Log in

Pelepasan Siswa XII YPSIM Penuh Haru

DIABADIKAN - Usai memberikan selempang kepada siswa sebagai tanda pelepasan, Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan secara simbolis diabadikan dengan dua siswa kelas XII. DIABADIKAN - Usai memberikan selempang kepada siswa sebagai tanda pelepasan, Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan secara simbolis diabadikan dengan dua siswa kelas XII.

Medan-andalas SMA Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) menggelar pelepasan siswa-siswi kelas XII,Sabtu (13/4).Sebanyak 216 siswa-siswi dilepas oleh Ketua Dewan Pembina YPSIM,dr Sofyan Tan untuk dikembalikan kepada orang tua wali murid. Mengusung tema "Menjadi Generasi Yang Berdaya Saing dan Mencintai Keberagaman"prosesi pelepasan digelar di Gedung MICC,Jalan Gagak Hitam Medan berjalan lancar dan penuh rasa haru.

Tak jarang siswa,orang tua wali murid dan guru SMA YPSIM yang menghadiri pelepasan atau perpisahan menggambarkan raut wajah sedih dan terharu. Betapa tidak,rasa kebersamaan selama tiga tahun menjadi keluarga besar SMA YPSIM tanpa terasa telah berakhir.Suasana haru semakin terasa ketika prosesi penyematan kalung alumni SMA YPSIM oleh Pimpinan Sekolah Edy Jitro Sihombing MPd,dibalut salam perpisahan dengan para guru.

Selain dihadiri orang tua wali murid, dewan guru dan karyawan SMA YPSIM, pelepasan siswa-siswi juga dihadiri Ketua Yayasan,Finche SE MPsi,Sekretaris Yayasan J Anto. Untuk memeriahkan prosesi pelepasan,keluarga besar SMA YPSIM menampilkan parade tarian Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan keberagaman etnis dan budaya di Tanah Air dan hiburan lainnya.

Sofyan Tan dalam sambutannya mengimbau alumni YPSIM jika telah meraih kesuksesan dan berhasil di luar sana, baik itu menjadi pejabat,politikus, pengusaha sukses dan lainnya agar ikut serta membantu orang-orang miskin untuk bisa menikmati pendidikan tanpa membeda-beda suku, ras, agama dan latar belakang seseorang. "Ini imbalan yang saya minta kepada para alumni jika sudah meraih kesuksesan di luar sana. Mari kita bantu orang miskin untuk menikmati pendidikan tanpa ada diskriminasi.Bantulah orang-orang berdasarkan penderitaannya.Bisakah anak-anak??,"tanya Sofyan Tan yang dijawab secara serentak oleh siswa dengan kata bisa.

Sofyan Tan menambahkan,tahun ini YPSIM telah menambah sejumlah fasilitas sekolah seperti Auditorium Bung Karno dan kolam renang sebagai hadiah pelepasan bagi para siswa SMA kelas XII. "Tidak banyak sekolah dengan level seperti kita memberi kesempatan untuk semua golongan, suku dan tingkat sosial ekonomi berbeda bisa menikmati  fasilitas lengkap seperti yang dimiliki sekolah kita.Jika ada sekolah lebih lengkap atau setara dengan YPSIM tapi harga uang sekolahnya sangat mahal,"ungkap Sofyan Tan yang juga Anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Edy Jitro Sihombing MPd menyatakan,kegiatan pelepasan digelar cukup meriah dilakukan untuk memberi motivasi kepada anak didik yang akan menyelesaikan studinya.Jika dilihat secara sesungguhnya,perkembangan siswa SMA YPSIM dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan "Tahun depan akan ada pelepasan sebanyak 280 orang, tahun ini kita melepas 216 siswa.Alumni kita sudah mencapai 3.471 orang,"ungkap Edy Jitro.

Ia juga berpesan untuk para alumni agar meraih keberhasilan di luar sana dengan menerapkan rumus gairah,visi,aksi dalam meraih kesuksesan. "Motivasi harus ada, tapi tidak cukup makanya harus ada visi dan cita-cita,pandangan jauh ke depan.Tapi semua tidak akan berjalan jika tidak ada aksi.Jika ketiga hal ini dilakukan dengan sugguh-sungguh mudah-mudahan anak didik kami bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,"ujarnya.

Edy juga mengingatkan para alumni selalu mengecamkan pendidikan multikultural yang diberikan YPSIM selama ini untuk diterapkan secara terus menerus di dalam kehidupan
sebagai seorang nasionalis sejati. "Seorang nasionalis sejati selalu mencintai keberagaman, kamu ditempa dan dididik di sini  tanpa ada perbedaan, maka kamu juga harusmencintai keberagaman itu,"tutup Edy Jitro.(Siong)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px