Log in

PD Pasar Kota Medan Usulkan Tim Terpadu Tertibkan PKL Di Seputar Kampung Lalang

Kabag Hukum dan Humas PD Pasar, Novi Zulkarnain didampingi Kepala Cabang II, Jalil Muhammad meninjau areal (lapak) pedagang kaki lima yang berada di Eks Bioskop Deli Prima. Kabag Hukum dan Humas PD Pasar, Novi Zulkarnain didampingi Kepala Cabang II, Jalil Muhammad meninjau areal (lapak) pedagang kaki lima yang berada di Eks Bioskop Deli Prima.

Medan-andalas Direktur Utama PD Pasar, Rusdi Sinuraya terus concern melakukan penataan pasar di Kota Medan. Salah satunya, menata dan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di seputaran Pasar Kampung Lalang karena dianggap menggangu aksesbilitas pedagang di pasar tersebut.

Kabag Hukum dan Humas PD Pasar, Novi Zulkarnain didampingi Kepala Cabang II, Jalil Muhammad, dan Wakil Kepala Pasar Kampung Lalang, Darwin menyebutkan, para pedagang sudah mengeluhkan keberadaan para PKL khususnya di Eks Bioskop Deli Prima dan Jalan Pribadi. Keberadaan PKL tersebut dinilai mengganggu aksesbilitas para pedagang resmi.

"Sebagai bentuk keseriusan Dirut PD Pasar Kota Medan, Pak Rusdi Sinuraya, kita sudah melakukan rapat dengan sejumlah instansi terkait seperti Satpol PP Kota Medan, pihak kecamatan Medan Sunggal dan Medan Helvetia, serta aparat kepolisian untuk membahas PKL di Deli Prima, pada Jumat (15/11). Kita berharap persoalan ini harus disikapi serius oleh tim terpadu karena menyangkut dua wilayah, yakni Medan dan Deli Serdang," ungkap Novi kepada wartawan, Kamis (21/11).

Menurutnya, PD Pasar Kota Medan tetap berupaya melakukan penertiban. Namun perlu dilakukan kerjasama dengan instansi terkait untuk melakukan penertiban tersebut. "Keberadaan PKL ini sangat mengganggu aktifitas jual beli yang dilakukan pedagang resmi. Kita harap, tim terpadu segera dibentuk untuk melakukan penertiban," imbuhnya.

Kepala Cabang II PD Pasar Kota Medan, Jalil Muhammad, menyebutkan, keteraturan di Pasar Kampung Lalang sudah tercipta. Sehingga, dia berharap ketertiban juga tercipta diseputar Kampung Lalang. Melalui penertiban, PKL tersebut dapat diarahkan untuk masuk dan berjualan di dalam Pasar Kampung Lalang. Sebab, pihaknya juga terus melakukan pendataan dan penertiban terhadap pedagang yang tidak berjualan di kiosnya di Pasar Kampung Lalang.

"Kita sudah memberikan Surat Peringatan I kepada 400 pedagang yang memiliki kios di Pasar Kampung Lalang tetapi tidak berjualan. Peringatan ini akan terus berlanjut, sehingga pedagang yang mau berjualan di dalam dapat ditampung. Kita mau benar-benar menciptakan pasar sebagai rumah pedagang, bukan sebagai tempat investasi," tekan Jalil seraya berkeyakinan sebagian PKL di seputaran Pasar Kampung Lalang dapat tertampung di dalam. (THA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px