Log in

Panwaslu Ingatkan Integritas Pengawas Pilkada


Medan-andalas Panitia Pengawas Pemilu Kota Medan mengingatkan agar seluruh petugas yang melaksanakan tugas pengawasan pilkada menjalankan fungsi dengan penuh integritas. Peringatan dan penekanan itu disampaikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Hendry Sitinjak dalam pelantikan 63 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di jajaran Kota Medan, Kamis (12/10). Hendry mengatakan, pihaknya sangat menekankan perlunya integritas dalam bertugas karena akan menjadi satu acuan dari kualitas demokrasi. Faktor integritas tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan penting bagi Panwaslu Kota Medan dalam mengevaluasi kinerja Panwascam.

"Kita akan selalu melakukan evaluasi, terutama mengenai integritas yang menjadi 'pintu gerbang' kesuksesan penyelenggaraan pemilu dan pilkada," katanya. Penekan mengenai integritas semakin dikedepankan karena Panwascam yang baru dilantik tersebut merupakan sosok-sosok terbaik yang dihasilkan lewat berbagai seleksi. Awalnya, terdapat 342 orang yang mendaftar dan menjalani proses seleksi untuk bertugas sebagai pengawas di 21 kecamatan di Kota Medan. "Anda-anda yang terpilih dari 342 peserta seleksi. Artinya, anda adalah orang-orang terbaik," ujarnya.

Selain integritas, Panwaslu Kota Medan juga mengingatkan Panwascam yang baru dilantik itu untuk memegang teguh aturan kepemiluan. Dengan demikian, seluruh tahapan pilkada dan pemilu yang akan digelar dapat berjalan sesuai konstitusi dan aturan yang berlaku. "Baik buruknya kualitas pelaksanaan pemilu dan pilkada di Kota Medan turut dipengaruhi oleh kinerja pengawas," kata Hendry didampingi dua anggota Panwaslu Kota Medan Raden Deny Admiral dan M Fadly. (ant)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px