Log in

Pangdam Lakukan Peletakan Batu Pertama


Medan-andalas Panglima Kodam I/Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan peletakan batu pertama pertama dimulainya pembangunan 45.000 unit jamban sehat secara serentak di wilayah teritorial Kodam I/BB, Kamis (13/6).

Peletakan batu pertama jamban sehat ini dilaksanakan di Desa Tunggurono, Kecamatan Tunggurono, Kota Binjai. "Selain dalam rangka HUT ke-69 Kodam I/BB pada 20 Juni 2019 mendatang, pembangunan jamban sehat sekaligus tindak lanjut program TNI terhadap kehidupan masyarakat sehat dan maju, dimana Kodam I/BB ditargetkan untuk membangun 45.000 jamban sehat yang dikerjakan di seluruh jajaran yang ada di empat provinsi," ujar Pangdam. 

Dijelaskan Pangdam, pembangunan 45.000 unit jamban sehat ini dilakukan oleh jajaran Kodam I/BB di empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, termasuk hasil kerjasama satuan kewilayahan dengan Pemerintah Daerah dan CSR dari BUMN/BUMD. "Jadi, sampai bulan Juni 2019 ini, sudah ada sekitar 22 ribuan jamban sehat yang selesai dibangun," sebut Pangdam. 

Menurut Pangdam, pembangunan jamban sehat ini merupakan wujud dari niat TNI, termasuk Kodam I/BB dan jajarannya dalam menghadirkan masyarakat Indonesia yang maju. Karena, salah satu syarat sebagai bangsa yang maju adalah memiliki masyarakat yang sehat dan berpendidikan baik.

"Dua hal ini harus seiring sejalan, sehingga berdasarkan niat itu tadi, maka kita melakukan pembangunan jamban sehat untuk warga," kata Pangdam.

Jenderal bintang dua ini berharap, hasil pembangunan jamban sehat ini bisa dirawat dengan baik oleh warga masyarakat penerima manfaat.

Kemudian, kepada pemerintah daerah juga diharapkan untuk memberikan pembelajaran kepada warga masyarakat tentang pentingnya kehidupan sehat, yang salah satu caranya adalah tidak melakukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan).

"Dengan dibangunnya jamban sehat ini, warga masyarakat diharapkan tidak lagi membuang kotorannya ke sungai atau sembarang tempat. Sebab bisa menimbulkan pencemaran dampaknya akan mengundang bibit penyakit," pintanya.

Sementara itu, Wali Kota Binjai, HM Idaham, SH, MSi menyampaikan, terima kasih kepada Kodam I/BB dan jajarannya atas pembangunan jamban ini. "Pembangunan ini (jamban) memberikan pembelajaran kepada kita semua tentang pentingnya arti kesehatan, yakni mengubah perilaku kurang baik dengan tidak membuang kotoran secara sembarangan, sehingga hidup menjadi lebih sehat dan teratur," jelas Idaham.

Untuk diketahui, seluruh pembangunan 45.000 jamban sehat Kodam I/BB ini dikerjakan oleh Satkowil, dan Satnonkowil serta hasil kerjasama CSR dari BUMN/BUMD yang ada di wilayah Kodam I/BB. Di sela pembangunan jamban sehat ini, Pangdam I/BB juga menyerahkan tali asih berupa paket sembako kepada 200 warga di sekitar Desa Tunggurono, dan penyerahan bantuan pembangunan Masjid Pancaran Bhakti di Desa Tunggurono berupa 100 kotak keramik, dan 250 sak semen.

Acara tersebut dihadiri Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM, Wakil Bupati Langkat, H Syah Afandin, unsur Forkopimda Kota Binjai, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Danpomdam I/BB, Wakapendam I/BB, Dandim 0203/Langkat, para Danyon BS dan tamu serta undangan lainnya. (Rel/YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px