Log in

MUI Medan Gelar Pembinaan Muallaf

Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta (ketiga dari kiri) didampingi Ke-tua Panitia Drs Zulkarnaen Sitanggang MA (kedua dari kiri) dan pengurus MUI lainnya saat menjadi narasumber pada pembinaan muallaf se-Kota Medan, di Masjid Al Mukhlishin, Jalan Tuasan No. 134 Medan, Sabtu (8/9). Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta (ketiga dari kiri) didampingi Ke-tua Panitia Drs Zulkarnaen Sitanggang MA (kedua dari kiri) dan pengurus MUI lainnya saat menjadi narasumber pada pembinaan muallaf se-Kota Medan, di Masjid Al Mukhlishin, Jalan Tuasan No. 134 Medan, Sabtu (8/9).

Medan-andalas Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan menggelar pembinaan muallaf se-Kota Medan, di Masjid Al Mukhlishin, Jalan Tuasan No. 134 Medan, Sabtu (8/9). Kegiatan yang diikuti 50 muallaf itu menampilkan sejumlah narasumber.

Ketua panitia kegiatan Drs Zulkarnaen Sitanggang MA saat membuka acara itu mengajak para muallaf menjadi muslim-muslimah yang baik sehingga tidak perlu berlama-lama menyandang gelar muallaf (orang yang baru memeluk Islam).

Zulkarnaen Sitanggang menegaskan, seseorang yang beralih dari agama dan kepercayaan tertentu menjadi pemeluk agama Islam harus mengalami perubahan mental, budaya dan sosial. Keyakinan akan Allah SWT, Rasul, Kitab, Hari Akhirat, Qadha dan Qadar serta aspek-aspek lainnya akan membentuk jiwa dan kepribadian yang berbeda dengan pemahaman dan keyakinan sebelumnya yang terefleksikan dalam kepribadian dan tingkah lakunya sehari-hari. Demikian pula seseorang yang beralih agama mengalami perubahan budaya dan sosial.

“Budaya yang selama ini menjadi bagian dari hidupnya harus mengalami perubahan-perubahan dan penyesuaian. Dan muallaf yang mengalami proses demikian harus dibina dan diarahkan secara bertahap,” kata Zulkarnaen.

Dia juga mengajak umat Islam terutama yang bertetangga untuk turut melakukan pembinaan. Sebab, setiap muslim yang mampu, wajib memberikan perlindungan kepada muallaf. Karena, apabila kehidupan seseorang justru jadi makin menderita setelah dia jadi muallaf, ini akan membawa citra buruk bagi Islam.

Dalam kegiatan itu, tampil sebagai narasumber Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta dengan judul "Menjadi Muslim yang Baik", Dr Ir H Masri Sitanggang MP dengan judul “Penguatan Akidah Islamiah”, dan Muhammad Tarigan (mantan pendeta) dengan judul “Suka Dan Duka Menjadi Seorang Muallaf.

Turut hadir dalam acara itu. Ketua BKM Al Mukhlishin Dr H Syarbaini Tanjung Lc MA dan pengurus lainnya, pengurus komisi Dakwah MUI Medan Dra Hj Nursalimi MPd, H Nuruddin Rangkuty BA, H Sahirin SH dan masyarakat sekitar Jalan Tuasan Medan. (HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 27°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px