Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Meski Telah Terjamin JKN-KIS, Ronni Berharap Tetap Sehat


Medan-andalas Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2014 yang lalu merupakan angin segar bagi masyarakat Indonesia.

Program JKN-KIS memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta aktif. Dengan adanya program ini, maka akses terhadap pelayanan kesehatan semakin terbuka. Berbagai respon positif muncul dari masyarakat yang telah merasakan manfaat hadirnya program ini.

Ronni Simanungkalit (48) merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang berdomisili di Kecamatan Hutabalang, Kabupaten Tapanuli Tengah, yang turut merasakan manfaat program ini.

Ronni yang sehari-harinya berjualan dan bekerja di sawah ini, telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2018. Ia bersama suami dan anak-anaknya merupakan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah.

Ronni menjelaskan, ia dan keluarganya belum pernah mengalami sakit parah yang membutuhkan biaya yang besar. Namun, ia tetap berharap agar dirinya dan keluarganya tetap terus dalam keadaan sehat, sehingga mereka tidak perlu mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Meski belum pernah menggunakan BPJS (Kesehatan) untuk pengobatan yang membutuhkan biaya yang besar, saya dan keluarga merasa sangat bersyukur karena telah terdaftar dalam Program JKN-KIS," ungkap Ronni saat berbincang di kediamannya, Rabu (24/6). Pasalnya, mereka cukup hanya perlu menunjukkan kartu JKN-KIS bila sewaktu-waktu terdapat salah seorang anggota keluarga yang jatuh sakit.

Ronni pun menceritakan pengalamannya saat mendapatkan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Kabupaten Tapanuli Tengah ketika salah satu anggota keluarganya jatuh sakit.

“Pelayanan yang saya dan keluarga terima cukup memuaskan kami. Kuncinya adalah kita harus jeli dalam melihat ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika kita mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan pasti kita mendapatkan pelayanan baik,” tuturnya.

Ronni menyampaikan, harapannya agar Program JKN-KIS tetap berjalan dan tidak diberhentikan. Ia meyakini bahwa banyak masyarakat yang merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

"Mungkin terkadang ada orang yang pendapatannya hanya cukup untuk biaya kebutuhannya sehari-hari. Bagaimana mungkin punya uang lagi untuk berobat di rumah sakit. Kepada BPJS (Kesehatan) lah kami bergantung,” ujar Ronni. (Rel/YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C