Log in

Menara Air PDAM Tirtanadi akan Jadi Museum Air

Wagub Sumut Musa Rajekshah menerima audiensi pimpinan Gramedia Pustaka Utama, di ruang kerjanya, Jumat (12/7). Wagub Sumut Musa Rajekshah menerima audiensi pimpinan Gramedia Pustaka Utama, di ruang kerjanya, Jumat (12/7).

Medan-andalas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana menjadikan menara air PDAM Tirtanadi di Jalan SM Raja No 1, Medan, sebagai Museum Air.

Nantinya museum itu diharapkan dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat sekaligus destinasi wisata baru di Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

Rencana itu disampaikan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah usaimenerima audiensi pimpinan Gramedia Pustaka Utama, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur, Medan, Jumat (12/7).

“Awalnya saya sampaikan kepada Direksi PDAM Tirtanadi yang baru, kira-kira apa yang bisa dilakukan, tidak semata untuk persoalan air minum tapi edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana air dan khususnya tower air yang dibangun pada zaman Belanda tahun 1908,” ujarnya.

Ia mengatakan, Museum Air itu nantinya dibuka untuk umum itu sehingga warga terutama anak-anak dapat melihat sejarah menara air PDAM Tirtanadi, bagaimana proses pengolahan air hingga sampai ke rumah warga, yang tujuannya agar masyarakat dapat menjaga lingkungan terutama ketersediaan air di masa depan.

Menurut Ijek sapaan akrab Wagub Sumut, dalam pembangunan Museum Air itu nantinya Pemprov Sumut dan PDAM Tirtanadi akan menggandeng Gramedia Pustaka Utama.

“Kepada pihak Gramedia kita meminta masukan kiranya bagaimana membuat museum yang baik sehingga dapat menjadi media edukasi juga tempat kunjungan wisata sehingga keberadaannya membanggakan bagi PDAM Tirtanadi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub juga meminta bantuan Gramedia untuk bersama-sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumut mewujudkan pojok baca, tidak hanya di Medan tapi juga di daerah-daerah dan tempat umum, seperti perpustakaan mini sehingga dapat meningkatkan semangat membaca.

Direktur Utama Gramedia Pustaka Utama Wandi S Brata mengatakan, sebelumnya sudah ada beberapa program digagas Gramedia sejak lama untuk bagaimana mempromosikan pariwisata Sumut, seperti sejarahnya.

Untuk itu pihaknya siap bekerja sama dengan PDAM Tirtanadi untuk membangun Museum Air seperti direncanakan. “Dalam hal ini kami diminta memberikan ide-ide akan seperti apa, jadi semacam desainnya nanti seperti apa,” terang Wandi.

Dikatakannya, dalam waktu dekat rencana pembangunan Museum Air akan direalisasikan. “September nanti istilahnya akan dimulai pemasangan batu pertama pembangunannya yang berlokasi di menara air PDAM Tirtanadi,” papar Wandi.(RED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px