Log in

Maruli Ingatkan Pasien KIS maupun BPJS PBI Tidak Dinomorduakan


Medan-andalas Penyelenggara layanan kesehatan di Kota Medan diingatkan tidak 'menomorduakan'warga prngguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS PBI saat berobat ke rumah sakit. Pasalnya,biaya kesehatan warga pengguna KIS telah ditanggung pemerintah.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Medan,Drs.S.Maruli Tua Tarigan,ST, saat Sosialisasi Perda ke-VI, Perda No.4 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan di Jalan Bunga Teratai Terusan, Medan,Selasa (9/4). "Hak warga pengguna KIS maupun pasien umum atau BPJS mandiri sama untuk mendapat layanan kesehatan.Yang berbeda hanyalah,biaya pasien KIS ditanggung pemerintah,sementara pasien umum maupun BPJS mandiri dibiayai sendiri.Jadi,mereka sama-sama bayar biaya kesehatan," ungkapnya.

Dia mengingatkan warga untuk segera melapor penyelenggara kesehatan,baik pengelola rumah sakit maupun tim medis bila memberi pelayanan  buruk terhadap pasien KIS.Laporan itu tentu akan diteruskan guna mengetahui penyebab buruknya pelayanan tersebut.

"Untuk tahun 2019,Pemko Medan menambah alokasi anggaran Rp21 miliar pasien BPJS PBI dari anggaran tahun sebelumnya.Harapannya,seluruh masyarakat miskin di Medan dapat merasakan pelayanan kesehatan dengan baik,"urai anggota Komisi D DPRD Medan itu.

Sehingga,warga dibebaskan terhadap biaya pengobatan bila berobat ke Puskesmas.Lahirnya perda ini untuk menjamin pemeliharaan kesehatan bagi segala usia di Kota Medan.Sehingga mereka mendapat pelayanan kesehatan dari berbagai elemen penyelenggaran kesehatan baik milik pemerintah, perorangan maupun swasta.

Bagi perusahaan maupun korporasi yang melanggar perda ini dapat di pidana penjara dan denda terhadap pengurusnya,pidana yang dapat dijatuhkan terhadap korporasi berupa pidana dengan dengan pemberatan tiga kali dari pidana denda yang ditetapkan.Selain itu Korporasi dapat dijatuhi pidana tambahan berupa pencabutan izin usaha dan pencabutan status badan hukum.

Sebelumnya,Rukina, berharap,pasien KIS tidak dinomorduakan dengan pasien umum atau BPJS yang lebih tinggi kelasnya.Begitu juga, Nurul Hafni meminta program BPJS gratis dapat menyentuh warga miskin. Sebab,masih ada warga belum mendapat KIS gratis.(THA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px