Log in

Mahasiswa Psikologi UMA Field Trip di Banda Aceh

FIELD TRIP - Rombongan mahasiswa Fakultas Psikologi UMA bersama Dekan Prof Dr H Abdul Munir MPd dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Syafrizaldi SPsi MPsi serta para dosen saat melakukan field trip. FIELD TRIP - Rombongan mahasiswa Fakultas Psikologi UMA bersama Dekan Prof Dr H Abdul Munir MPd dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Syafrizaldi SPsi MPsi serta para dosen saat melakukan field trip.

Medan-andalas Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA) sukses melaksanakan field trip (kunjungan lapangan) ke sejumlah destinasi wisata di Banda Aceh. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa Psikologi dapat mengetahui dan mengenali budaya Aceh.

Daerah yang dikunjungi di Banda Aceh yakni Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Putro Phang, Masjid Teuku Umar, Masjid Emas, Geuchik Leumik, Kapal PLTD Apung,  Rumah Adat Cut Nyak Dien, Pantai Lampuuk, Lhoknga, Pasar Aceh dan UIN Ar-Raniry.

“Pada field trip tersebut mahasiswa dapat mengamati langsung dengan mengaplikasikan jenis observasi nonparticipant sekaligus melakukan wawancara,” ungkap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UMA, Syafrizaldi SPsi MPsi kepada wartawan di Kampus I UMA. Jalan Kolam Medan Estate, Selasa (10/9).

Syafrizaldi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan itu juga agar mahasiswa lebih dapat mengenal wisata-wisata dan keadaan alam yang ada di kawasan Banda Aceh.

“Kegiatan field trip merupakan salah satu kegiatan akademis yang dilaksanakan setiap tahun dalam mata kuliah Psikologi Lintas Budaya,” kata Syafrizaldi seraya menyebutkan kunjungan lapangan ke Banda Aceh pada 8-12 Juli lalu.

Dipaparkanya, Psikologi Lintas Budaya adalah mata kuliah wajib yang harus diambil setiap mahasiswa Psikologi UMA. Psikologi lintas budaya menaruh perhatian pada pengujian berbagai kemungkinan batas-batas pengetahuan, dengan mempelajari orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda secara sempit (sederhana) dan luas.

“Karena itu,mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Lintas Budaya kita terjunkan untuk melihat latar belakang ragam budaya dan  perbedaannya. Sehingga mereka dapat melihat dan memahami Psikologi secara sempit dan luas atau universal,” ujar Syafrizaldi.

Sebelumnya, tambah Syafrizaldi, mahasiswa Psikologi UMA melakukan kunjungan lapangan ke Bukit Lawang Lawang Langkat.  Di daerah tersebut mahasiswa mewawancarai dan mengobservasi pernikahan antar lintas budaya internasional dan  melakukan tracking ke Gunung Leuser untuk mengamati perilaku orang hutan.

“Suksesnya field trip di Banda Aceh dan Bukit Lawang tak terlepas dari keterlibatan Dekan Prof Dr H Abdul Munir MPd dan para dosen mata kuliah Psikologi Lintas Budaya antara lain Arif Fachrian SPsi MPsi, M Fadli Nugraha SPsi MPsi, Hanizar Fitriani SPsi MPsi, Endang Haryati SPsi MPsi, Fikriyah Iftinan Fauzi SPsi MPsi, dan Andy Chandra SPsi MPsi selaku dosen tamu,” ungkap Syafrizaldi. (HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px