Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

M Faisal : Sumut Belum Saatnya Terapkan New Normal

M Faisal M Faisal

Medan-andalas Provinsi Sumatera Utara dinilai belum saatnya untuk menerapkan kehidupan normal baru (new normal life), karena angka positif Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara, masih berisiko tinggi dan belum ada tanda-tanda mengalami penurunan.

Penilaian ini disampaikan anggota Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Muhammad Faisal menjawab pertanyaan sejumlah wartawan di Gedung DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (30/06/2020).

Selain angka positif coronavirus disease (Covid-19) masih cukup tinggi, kata Faisal, pelaksanaan rapid test massal juga belum dilaksanakan, khususnya di wilayah yang masuk ke dalam zona merah (red zone).

Menurut politisi muda PAN Sumut yang dikenal cool dan smart ini, Provinsi Sumatera Utara baru bisa menerapkan kebijakan new normal, apabila angka positif Covid-19, trennya mengalami penurunan.

"Tapi ini kan naik terus, apalagi pasar sudah mulai buka, tempat perbelanjaan sudah mulai buka, cafe sudah mulai buka. Walaupun mereka menerapkan protap kesehatan, tetap saja belum bisa, karena naik terus, klasternya kan dari mana-mana ini," ujar Faisal.

Politisi muda yang juga dikenal sebagai seorang muballigh ini, meminta agar dilakukan rapid test massal, dengan cara Tim GTPP datang ke daerah. Misalnya di suatu daerah itu ada yang reaktif, maka dilakukan rapid test massal di wilayah itu.

"Ditutup satu kawasan itu, dirapid test semuanya, mau tidak mau harus mau semuanya, supaya tahu kita berapa orang yang reaktif dan berapa orang yang tidak reaktif," ujar Faisal.

Daerah lain seperti Bandung, Jakarta, mereka sudah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sudah melakukan rapid test massal. "Jadi, wajar saja ketika mereka hendak menerapkan New Normal,"katanya.

Nah untuk Sumatera Utara, kata Faisal, rapid test massal belum ada dilakukan, dan PSBB kemarin dilewatkan saja, sehingga kita khawatir jika diterapkan New Normal, akan muncul lagi klaster-klaster baru. "Ini yang patut kita khawatirkan,"kata M Faisal Bahar.(UJ)

 

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C