Log in

Latih Para Guru Terapkan Pembelajaran Aktif

Sejumlah kepala sekolah dan guru dari berbagai sekolah dilatih menerapkan unsur-unsur pembelajaran aktif dalam proses belajar mengajar. Sejumlah kepala sekolah dan guru dari berbagai sekolah dilatih menerapkan unsur-unsur pembelajaran aktif dalam proses belajar mengajar.

Tanoto Foundation

Medan-andalas Tanoto Foundation selama tiga hari atau tepatnya tanggal 3-5 November 2018 menggelar  pelatihan pembelajaran di Perguruan Islam Al-Amjad Jalan Merpati no.81 Sei Sekambing Medan.Pelatihan yang diikuti sejumlah kepala sekolah dan guru itu di Medan itu dilatih oleh 10 orang fasilitator daerah yang telah dilatih sebelumnya berasal dari LPTK Mitra UMSU dan UINSU serta didampingi oleh satu orang fasilitator nasional. Prof. Sriminda Murni selaku koordinator LPTK Mitra Tanoto Foundation, Senin (5/11) mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk menyusun langkah-langkah pembelajaran yang mengakomodasi unsur-unsur pembelajaran aktif (MIKiR), pertanyaan/tugas (produktif, imajinatif, dan terbuka), pengelolaan lingkungan belajar yang efektif dan budaya baca dan mempraktikan langkah-langkah pembelajaran tersebut dalam kelas nyata, menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk menerapkan berbagai gagasan yang diperoleh dalam pelatihan.

Dalam pelatihan ini sebut dia, peserta diperkenalkan unsur-unsur pembelajaran aktif serta mengidentifikasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran untuk tiap unsur pembelajaran aktif. Untuk itu peserta dilatih merumuskan pertanyaan produktif, imajinatif dan terbuka, memahami komponen lembar kerja yang baik dan merancang lembar kerja yang memuat pertanyaan tersebut. Salah satu  peserta Syamsul Hidayat, S.Pd yang juga kepala SMP Muhammadiyah 7,Jalan Pelita II Nomor 35 Medan mengakui, pelatihan yang dilaksanakan Tanoto Foundation ini sangat bermanfaat bagi sekolah untuk meningkatkan kreatifitas siswa. “Kami selama tiga hari ini diajari menerapkan cara proses belajar mengajar yang baik. Didalam ruang kelas guru diajak lebih aktif berinteraksi dengan para siswa, "ujar Syamsul. (siong)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px