Log in

KPK Apresiasi E-Katalog Pemkot Medan


Medan-andalas Komisi Pemberantasan Korupsi mengapresiasi Pemerintah Kota Medan dalam menyelenggarakan Katalog Elektronik, karena merupakan pionir pelaksanaan Katalog Elektronik di Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan oleh Kasatgas Wilayah I Korsup Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Julian Superani, di Medan, Senin (24/9), saat menyampaikan sambutannya pada penandatanganan Kontrak Katalog Elektronik Daerah Kota Medan dengan Penyedia Barang/Jasa.

Ia berharap kepada kabupaten/kota di Sumatera Utara dapat mengikuti jejak langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam menyelenggarakan Katalog Elektronik tersebut.

"Pemerintah daerah (Pemda) yang ada di seluruh Indonesia dapat saling melengkapi dalam hal pengadaan barang/jasa, serta seluruh masyarakat media maupun masyarakat umum dapat juga mengawasi," ujar Julian.

Hal senada diungkapkan Direktur Pengembangan Sistem Katalog. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Emin Adhy Muhaemin mengatakan, Katalog Elektronik ini sebuah tonggak baru di Kota Medan.

"Selama ini pengadaan barang jasa pemerintah selalu dikombinasi atau dilakukan melalui proses lelang maka, mulai hari ini, sudah mulai bergeser ke proses belanja langsung lewat katalog," kata Emin.

Sementara itu, Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin mengatakan penerapan sistem Katalog Elektronik sangat penting guna mengantisipasi tindak penyimpangan dalam mengadakan barang dan jasa pemerintah.

"Karena melalui sistem itu, produk yang dipasarkan memiliki kualitas dan harga yang sudah memiliki standar, begitu juga dengan penyedia atau pengusahanya semua dapat diakses oleh publik," katanya diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan H Syaiful Bahri di Medan, Senin, saat penandatanganan Kontrak Katalog Elektronik Daerah Kota Medan dengan Penyedia Barang/Jasa.

Penerapan Katalog Elektronik di Kota Medan, menurut dia, merupakan Pilot Project yang pertama kalinya dilaksanakan dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara.

"Hal ini merupakan prestasi bagi Pemkot Medan, karena telah berhasil menyelenggarakan Katalog Elektronik dan e-Purchasing," ujarnya.

Ia menyebutkan, selama ini penyediaan barang/jasa dilaksanakan melalui proses lelang yang rentan akan penyimpangan.

Melalui penandatangan kontrak katalog elektronik antara Pemkot Medan dan Penyedia barang/jasa menjadi terobosan bersama untuk benar-benar menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa yang sesuai kebutuhan dan prosedur yang ada.

Para penyedia dan pengelola katalog barang/jasa di bidang infrastruktur antara lain PT Rapi Arjasa, PT Tri Murti Perkasa, PT Abadi Beton penyedia beton cor dan PT Sandbar Gunajaya penyedia aspal. (ANT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px