Log in

Komunitas Chan Gelar Workshop Meditasi

Meditasi adalah latihan membangun karakter untuk menjadi lebih sadar. Meditasi adalah latihan membangun karakter untuk menjadi lebih sadar.

Medan-andalas Komunitas Chan Indonesia akan melaksanakan workshop meditasi fullday mengusung topik “Character Building” di Vihara Dharma Wijaya, Jalan Wahidin, No 107/265,  Medan, Minggu (18/3) pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Workshop gratis ini terbuka untuk semua kalangan dan pendaftaran terbatas hanya untuk 50 peserta.  Ketua Panitia Kurniady Halim mengatakan workshop ini akan dipimpin oleh Sri Lestari, praktisi senior Chan dari Jakarta. Sri berguru pada tiga Chan Master yaitu Guo Jun, Guo Yuan, dan Chi Chern, para pewaris silsilah dari Chan Master Shengyen, pendiri Dharma Drum Mountain, Taiwan.

“Manusia modern saat ini juga rentan dengan stress oleh karena pikirannya yang selalu terpencar dan mengembara. Pikiran orang zaman sekarang kian tidak bahagia dan sangat terasing dari tubuhnya sendiri. Saat tubuh melakukan sesuatu, pikiran kita terus simpang siur diombang-ambingkan oleh berbagai stimulan eksternal maupun mood sesaat," kata Kurniady. Dikatakannya, salah satu manfaat meditasi adalah untuk meningkatkan kualitas hidup sehari-hari. Namun kata dia, seringkali para praktisi meditasi yang telah berlatih lama merasa tidak mengalami perubahan apa pun.

Karenanya, meditasi adalah latihan membangun karakter untuk menjadi lebih sadar sehingga membawa penyadaran, kebijaksanaan, dan kebahagiaan dalam batin kita sendiri tanpa harus bergantung pada hal apapun di luar. Aliran meditasi Chan sendiri, kata Kurniady, berasal dari Tiongkok yang kemudian berkembang dan meluas hingga ke Jepang dan dikenal sebagai Zen, dan berkembang ke Vietnam dan dikenal sebagai Thien dan ke Korea dikenal sebagai Son. Meditasi Chan dapat membawa para praktisinya untuk bisa menjalani hidupnya secara lebih cerdas dan effektif. Dalam meditasi Chan kita mempelajari konsep dan metode meditasi secara sistematis dimulai dari hal yang paling mendasar yakni penyelarasan tubuh, nafas dan pikiran antara lain dengan meditasi gerak. (Siong)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 13 Dec 2018 26°C 23°C
  • 14 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px