Log in

Kesuksesan Program KKBPK Deli Serdang Manfaatkan APBDes Diakui Dunia

Drs Juliestar Kemit saat membagikan kisah sukses Program KKBPK di Kabupaten Deli Serdang yang memanfaatkan APBDes, di forum internasional yang dihadiri 17 negara, di Yogyakarta. Drs Juliestar Kemit saat membagikan kisah sukses Program KKBPK di Kabupaten Deli Serdang yang memanfaatkan APBDes, di forum internasional yang dihadiri 17 negara, di Yogyakarta.

Medan-andalas Dana desa atau anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tidak cuma hanya diperuntukkan membangun sarana dan prasarana infrastruktur di desa. Tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk program-program lain yang bertujuan menyejahterakan masyarakat desa.

Seperti di Kabupaten Deli Serdang misalnya, dengan memanfaatkan dana desa atau APBDes, kabupaten yang memiliki 380 desa tersebut sukses melaksanakan Program Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal ini tidak terlepas berkat komitmen dan dukungan Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan untuk Program KKBPK di wilayahnya. Di samping itu banyak inovasi dan program yang dijalankan Pemkab Deli Serdang telah dicontoh oleh kabupaten/kota lain di Indonesia.

Kesuksesan Kabupaten Deli Serdang dalam menjalan Program KKBPK dengan memanfaatkan APBDes kini bisa dibilang telah diakui dunia internasional setelah mantan ASN Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KB dan P3A) Deli Serdang Drs Juliestar Kemit membagikan kisah sukses itu kepada 800 peserta dari 17 negara yang mengikuti The First International Conference on Indonesia Family Planning and Reproductive Health (ICIFPRH) di Hotel Sahid Raya, Jalan Babarsari, Yogyakarta, pada 2 Oktober 2019 lalu.

Konferensi yang menjadi wadah diskusi tingkat internasional maupun nasional membahas program keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi ini dibuka oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Senin (30/9), di mana para pesertanya terdiri dari utusan BKKBN, Kementerian Kesehatan, PIK Remaja, penyuluh KB, dosen, para peneliti, dan lainnya.

Juliestar mengatakan dirinya dan para penyuluh KB di Kabupaten Deli Serdang terlibat melakukan advokasi pemanfaatan APBDes untuk pendanaan Program KKBPK khususnya yang menyasar kalangan remaja dan perkawinan usia anak.

"Program ini dinilai telah berhasil mengadvokasi ratusan juta rupiah dan setiap tahunnya meningkat drastis menjadi miliaran rupiah sampai tahun 2019 ini untuk 380 desa yang ada di Deli Serdang," sebut Juliester Kemit dari Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/10).

Dalam forum konferensi tersebut mantan Kabid KB OPD KB Deli Serdang itu menyajikan karya tulisnya berjudul “Village Financing Fund For Supporting Peer Educator and Counsellor In Decentralization System” (Dukungan Dana Desa untuk Pendidikan Sebaya dan Konselor Sebaya pada Sietim Desentralisasi), yang dinyatakan lulus oleh Panitia Penilai Prof Dr M Budiharsana MPH PhD.
    
“Sebelum tampil ada perasaan was-was. Namun begitu tampil rasanya ada kuasa dari Tuhan kepada saya dan begitu selesai, wah plong, rasanya,” ungkap Juliestar yang dalam konferensi internasional tersebut bertindak sebagai anggota Distrik Working Group Kabupaten Deli Serdang.

Menurutnya memaparkan hasil capaian program di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional itu sudah biasa.  Namun saat memaparkan hasil capaian program dalam forum internasional yang dihadiri peserta dari 17 negara itu, ia merasakan pengalaman yang sangat luar biasa.

“Cerita sukses dan pembelajaran baik itu saya bagikan di hadapan peserta yang hadir dari berbagai belahan dunia, ini merupakan sebuah capaian lain yang luar biasa,” sebutnya.

Dikatakannya, banyak pertanyaan dan tanggapan serta pujian dari peserta untuk materi yang ia sajikan ini. Bahkan ada diskusi mendalam dengan Direktorat Hanrem BKKBN Pusat setelah paparan. Apalagi setelah karya tulisnya memenangkan lomba menulis/abstrak tentang pemanfaatan APBDes untuk Program KKBPK, di mana penilaian terhadap semua karya tulis yang ikut lomba begitu ketat.

Dalam kesempata itu dengan kerendahan hati Juliestar tidak lupa menyampaikan selamat kepada Kadis P2KB dan P3A Deli Serdang Dra Hj Rabiatul Adiwiyah Lubis MPd dan Tim Integrasi BKKBN Provsu yang tak kenal lelah dalam memberi bimtek ke kabupaten/kota terkait program KBBPK ini.

“Selamat juga untuk para penyuluh Keluarga Berencana Deli Serdang yang hebat,” tutupnya. (GUS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px