Log in

Kekurangan Komputer Harus Segera Diatasi

Reki Nelson Barus Reki Nelson Barus

Sukseskan UNKB Sumut 2018

Medan-andalas Sekretaris Komisi E DPRD Sumut, Reki Nelson J Barus mengimbau Pemprovsu c/q Dinas Pendidikan, supaya segera melakukan persiapan maksimal dalam menyongsong pelaksanaan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK), yang akan berlangsung pada 2 April 2018 mendatang. "Salah satu langkah terpenting yang mesti segera dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara adalah membantu memfasilitasi sekolah-sekolah di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara, agar memiliki sarana pendukung dalam melaksanakan UNBK tersebut,"tegas Reki kepada andalas, usai rapat dengan jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Senin (12/2).

Sarana pendukung dimaksud adalah ketersediaan fasilitas komputer. Sebab, dalam peninjauan ke lapangan dilakukan Komisi E DPRD Sumut ke sejumlah kabupaten/ kota di Sumatera Utara, baru Kota Medan yang sudah lengkap memiliki fasilitas komputer. Sementara, kata Reki Nelson, sejumlah daerah yang dikunjungi, seperti Tapanuli Utara, Langkat, Binjai, Nias dan sejumlah daerah lainnya, mengaku sekolah mereka belum semuanya dilengkapi dengan fasilitas komputer sebagai persyaratan utama mendukung pelaksanaan UNBK. Sedangkan, pihak Pemprovsu sendiri sudah menyatakan, bahwa seluruh sekolah lanjutan tingkat atas di Sumatera Utara, diwajibkan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018. "Pemprovsu juga harus ikut bertanggungjawab dalam mengatasi kekurangan fasilitas komputer tersebut, demi kesuksesan pelaksanaan UNBK 2018,"tegas Reki.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, waktu yang tersedia sekitar dua bulan lagi menjelang pelaksanaan UNBK, hendaknya bisa dioptimalkan oleh jajaran Dinas Pendidikan Pemprovsu, untuk membantu memantapkan persiapan pelaksanaan UNBK itu, utamanya dalam hal penyiapan fasilitas komputer. Pada bahagian lain, wakil rakyat dari daerah pemilihan Deli Serdang ini mengimbau pihak berkompeten di pemerintahan, agar menyediakan Sekolah Luar Biasa lanjutan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Pasalnya, kata Reki Nelson, dirinya kerap menerima keluhan dari masyarakat yang memiliki anak sudah selesai mengikuti sekolah dasar luar biasa, kesulitan melanjutkan studi ke jenjang sekolah luar biasa tingkatan SMP, SMA dan SMK. Anak-anak yang berkebutuhan khusus ini/penyandang disabilitas ini juga berhak mendapatkan pendidikan seperti anak-anak lain pada umumnya. "Karena itu, kita mengimbau pemerintahan utamanya di kabupaten/kota, supaya segera menyediakan fasilitas sekolah lanjutan bagi anak-anak berkebutuhan khusus tersebut,"harap Reki Nelson.(UJ)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 0.00 km/h

  • 25 Sep 2018 28°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px