Log in

Kapoldasu Rayakan 1 Muharam Bersama Bilal Mayit

Kapoldasu, Irjen Pol Drs Agus Andrianto didoakan bilal mayit saat perayaan Tahun Baru Islam di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9). Kapoldasu, Irjen Pol Drs Agus Andrianto didoakan bilal mayit saat perayaan Tahun Baru Islam di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9).

Medan-andalas Penggali kubur, bilal mayit dan nazir masjid merupakan profesi sangat mulia yang selama ini tidak menjadi perhatian banyak orang. Itu dikatakan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto saat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H bersama para ribuan penggali kubur, bilal mayit dan nazir masjid di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9) pagi.

"Profesi yang selama ini, mungkin yang tidak menjadi perhatian kita sekalian. Profesi penggali kubur, bilal mayit dan nazir masjid ini adalah profesi yang sangat mulia. Beliau-beliau ini sangat memberikan pelayanan yang sangat tulus, bahkan orang yang dilayani pun tidak sempat mengucap
syukur," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Hal inilah menurut dia yang harus bisa diikuti pihaknya dalam mengemban tugas. "Mudah-mudahan ini menjadi hikmah yang bisa diambil oleh jajaran Poldasu dalam mengemban tugas. Mudah-mudahan bisa menjadi pelayan masyarakat. Mereka (polisi) bisa bercermin dari apa yang bisa dikerjakan oleh saudara-saudara kita bilal mayit, penggali kubur dan nazir masjid," ucap
dia.

Selain itu, sebut Kapoldasu, para bilal mayit, penggali kubur dan nazir masjid dapat menjadi promotor untuk mewujudkam keamanan dan ketertiban di Sumatera Utara.

"Karena tanpa peran serta masyarakat, ini sangat mustahil bisa terwujud. Oleh karena itu, kita imbau mari sama-sama kita jaga hubungan kita sesama manusia, agama dan bermasyarakat," ucap dia.

Dia juga meminta kepada jajarannya untuk bisa meneruskan apa yang telah dilaksanakan saat ini dapat merangkul para profesi bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid. Karena jabatan dan pangkat tidaklah kekal.

"Supaya kita semua bisa ingat kalau jabatan dan pangkat yang disandang setiap manusia itu tidaklah kekal. Karena itu semua akhirnya di kematian. Jadi jangan lupa kita semua akan mati," terang dia.

Dia meminta doa dan dukungan dari masyarakat terkhusus para bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid, dalam menjalankan tugas sebagai Kapolda Sumut.

"Saya tidak pernah mimpi jadi Kapolda. Ini amanah sangat berat, saya peroleh dari presiden dan Kapolri. Kami mohon dukungan dan doa untuk menjalankan jabatan ini," ucapnya.

Kapoldasu juga meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan yang ada di Sumatera Utara. "Perbedaan membuat kita saling sinergi," harapnya.

Sementara, seorang penggali kubur yang datang dari Deli Serdang, M Syafii berharap kepada Kapoldasu yang baru, agar tidak pernah melupakan dirinya dan rekan seprofesinya.

"Semoga Pak Kapolda semakin sukses, dan jangan lupa dengan kami," harapnya di hadapan Irjen Agus dan para Pejabat Utama Poldasu.

Sedangkan Hasim, seorang pemandi mayat mengaku selama ini tidak ada yang perhatian terhadap para bilal mayit. Padahal, kata dia, profesi pemandi mayat sangat dibutuhkan di tengah masyarakat.

"Tidak ada yang memperhatikan saya, seharusnya Depag yang memperhatikan," kata pria yang sudah 41 tahun menjadi bilal mayit.

Selain merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Irjen Agus Andrianto juga merayakan syukuran atas dipercayai menjadi Kapolda Sumut. Para bilal mayit, penggali kubur dan nazir masjid datang dari beberapa daerah seperti, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Belawan, dan Deli Serdang.

Dalam kegiatan itu, Kapoldasu bersama para PJU Poldasu makan bersama dengan para bilal mayit, penggali kubur dan nazir masjid. Kemudian Kapoldasu memberikan bingkisan. (DA)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Showers

Humidity: 85%

Wind: 8.05 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px