Log in

Jangan Belanja Barang Tak Ada Gunanya


Jemaah Calhaj Diharapkan Tingkatkan Ibadah

Medan-andalas Kepada jemaah calon haji kloter 14 embarkasi Medan diharapkan untuk meningkatkan ibadah, jangan belanja barang yang tidak ada gunanya.
Pesan itu dikatakan Wakil Bupati Madina Jafar Suheri Nasution saat pelepasan keberangkatan jemaah calon haji (Calhaj) kloter 14 embarkasi Medan di aula madinatul hujjaj, Jumat (11/8). Dikatakannya, jemaah Calhaj Madina lebih banyak wanita dan lanjut usia. Karenanya, ia mengharapkan kepada Calhaj yang muda untuk meningkatkan rasa rolong menolong dan toleransi kepada Calhaj lanjut usia. Pemkab Madina sendiri, lanjutnya, memberikan bantuan akomodasi perjalanan Calhaj ke asrama haji Medan begitu juga sepulangnya nanti dari menunaikan ibadah haji. Pemkab juga mengadakan manasik dan memberikan kain sarung kepada para Calhaj.

"Yang terpenting kepedulian Pemkab Madina. Karena di Madina, pemberangkatan haji seperti lebaran jadi pemerintah memfasilitasinya juga manasik akbar," ujar Suheri. Wali Kota Medan T. Dzulmi Eldin meminta kepada para jemaah kloter 14 berjumlah 390 termasuk 5 petugas dan gabungan Calhaj Medan 271 orang, Mandailing Natal 105 orang serta Deli Serdang 6 orang. Eldin berpesan agar Calhaj menjaga nama baik Kota Medan dan Madina. Menurutnya, calhaj sangat beruntung karena dapat berangkat tahun ini memenuhi panggilan Allah. Apalagi, daftar tunggu untuk dapat berangkat haji sampai 13 tahun lagi. "Tidak mudah berangkat haji, sebagian ada yang menabung selama bertahun tahun. Jangan sia-siakan kesempatan ini," ujarnya.

Eldin juga mengingatkan kepada Calhaj untuk menjaga kesehatan karena cuaca disin berbeda dengan di Arab Saudi yang sangat panas. Untuk itu Calhaj agar banyak meminum air dan air zam zam yang penuh berkah agar tidak dehidrasi serta banyak makan buah. "Agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna. Semoga sekembalinya nanti menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Doakan kota kita jadi aman dan nyaman serta tetap dalam lindungan Allah SWT," harapnya. Sementara, Wakil Wali Kota Medan beserta istri yang ikut berangkat menunaikan ibadah haji di kloter 14 embarkasi Medan berharap sepulangnya nanti terjadi peningkatan amal ibadahnya.

"Mudah mudahan menjadi haji yang mabrur dan bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya. Keberangkatannya sendiri, diamuinya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. "Gak ada persiapan khusus, biasa saja, mengikuti bimbingan walaupun tidak full," imbuh Akhyar. Sekretaris PPIH embarkasi Medan, Muslim mengatakan, kloter 14 embarkasi Medan berjumlah 390 orang yang berangkat dan 3 open seat. Hingga kloter 14 ini, sudah 5453 Calhaj  dan petugas yang berada di tanah suci. Sedangkan kloter 15/MES berjumlah 388 orang ditambah 5 petugas berasal dari Medan 10 orang, Deli Serdang 66 orang, Tapanuli Utara 5 orang dan Labuhan Batu Utara 307 orang. Jemaah termuda Siti Khadijah Amir Buyung Binti Amir Buyung (27) nomor manifest 366 alamat Jln.Bakaran Batu Dusun III Tanjung Baru Deli Serdang. Jemaah tertua Muna Rahman Hasibuan Binti Rahman Hasibuan (81) nomor manifest 206 alamat Susun II Siamporik Kualuh Labuhan Batu. Masuk asrama haji Medan Jumat (11/8) dan berangkat hari ini pukul 10.10 WIB. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px