Log in

Jalan Menuju Wisata Bukit Lawang Rusak Parah


Medan-andalas Jalan provinsi yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menuju kawasan wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok rusak parah dan berdebu akibat ratusan truk melintas melebihi tonase. "Jalan provinsi ini baru saja diperbaiki namun sekarang rusak lagi diakibatkan truk yang melintas mengangkut material galian C melebihi tonase," kata seorang warga Salapian, Supriadi, di Tanjung Langkat Salapian, Jumat (15/12). Supriadi menjelaskan jalan provinsi ini sudah semakin parah, padahal baru saja diperbaiki namun truk yang melintas membawa muatan melebihi tonase. Akibatnya jalan sekaranng semakin hancur dengan lubang-lubang besar dan berdebu. "Bila tidak hati-hati melintas kendaraan kita akan terperosok kedalam lubang," katanya.

Kerusakan jalan ini bisa ditemui mulai dari Kecamatan Kuala, Salapian hingga perbatasan Kecamatan Bahorok. "Akibat menuju kawasan wisata Bukit Lawang yang seharusnya bisa satu jam setengah kini harus ditempuh selama tiga jam," katanya. Untuk itu diharapkan Gubernur Sumatera Utara bisa memperbaiki secepatnyya jalan tersebut dan memberlakukan aturan hanya mobil kecil yang bisa mengangkut material galian C seperti koral, kerikil, pasir tidak lagi dibolehkan diangkut truk tronton dengan kapasitas 30 ton melintas dijalan tersebut. "Kita bisa melihat bagaimana daerah lain memberlakukan aturan sehingga jalan mereka mulus menuju kawasan wisata, namun di Langkat jalannya sangat parah, disebabkan ratusan truk mengangkut material galian C," katanya.

Sementara Camat Salapian, Sinar Sembiring menjelaskan, pihaknya sempat menyampaikan hal itu ketika reses anggota DPRD Sumut daerah pemilihan (Dapil) XII Kabupaten Langkat-Binjai, Sampang Malem beberapa waktu lalu. Sinar Sembiring juga mengatakan Gubernur Sumatera Utara sudah berjanji akan memperbaiki kerusakan jalan provinsi menuju wisata Bukit Lawang di tahun 2017 ini. "Tapi yang jadi persoalan jalan yang diperbaiki seakan tak bermutu. Karena begitu dilindas truk kelebian tonase dalam waktu cepat akan rusak kembali," katanya. Karena itu, diharapkan kepada gubernur untuk menegur Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut sehingga truk yang mengangkut material galian C tak lagi kelebihan tonase. "Kalau truk tidak kelebihan tonase, maka jalan menuju objek wisata Bukit Lawang bisa terawat," ungkapnya. (ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

32°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 62%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Jul 2018 32°C 23°C
  • 20 Jul 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px