Logo
Print this page

IT&B Campus Harus Bayar Utang Pajak Rp8,8 Miliar


PN Medan Kabulkan Gugatan James Tantono Dkk

Medan-andalas Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan diketuai Ferry Sormin SH MH mengabulkan gugatan James Tantono dkk dalam perkara perdata No 409/PDT.G/2018, atas IT&B Campus (tergugat I) di bawah naungan Yayasan Tunas Andalan Nusa (TAN) Jalan Mahoni, Medan dan Rachmady Tanady (tergugat II), Ketua Pembina Yayasan TAN Tansri Chandra (tergugat III, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Medan Timur (tergugat IV), dan sejumlah bank di Medan yang turut tergugat, pada Selasa (18/12/2018) lalu.

Kuasa hukum James Tantono dkk, Dr Japansen Sinaga SH MHum dalam siaran persnya, Senin (18/2) di Medan menyebutkan, dalam sidang terbuka untuk umum yang juga melibatkan Hakim Anggota Rudy Hutauruk SH MH dan Panitera Pengganti tersebut dihadiri kuasa penggugat, kuasa tergugat I, II, III, IV dan kuasa turut tergugat II, III. Sementara tergugat I, IV-XII tidak hadir.

Menurut Japansen, perbuatan tergugat II (Rachmady Tanady) dan tergugat III (Tansri Chandra) tidak membayar pajak tergugat I (IT&B Campus) untuk tahun 2010-2013 adalah perbuatan melawan hukum.

Di samping itu, perbuatan tergugat IV yang telah melakukan pemblokiran pada rekening pribadi para penggugat adalah prematur dan dapat dikategorikan juga perbuatan melawan hukum.

"Majelis hakim juga menyimpulkan bahwa pengelolaan/pengurusan Yayasan TAN periode 2011-2016 sah tetap dipegang Rachmady Tanady. Selain itu, tergugat I dan II berkewajiban/bertanggung jawab membayar utang pajak tergugat I sebesar Rp8.843.775.719," tegas Japansen Sinaga.

Di bagian lain, Japansen juga menyebutkan bahwa kepengurusan Yayasan TAN periode 2011-2016 atas nama tergugat I tidak pernah dilantik atau disahkan oleh tergugat II selaku ketua yayasan.

"Tergugat II dan III lah yang menguasai, mengelola, dan menjalankan roda organisasi Yayasan TAN periode 2011-2016 baik keluar maupun ke dalam yayasan," sebut Japansen.

Japansen menambahkan, bahwa tindakan dan perbuatan tergugat I dan tidak melaksanakan kewajibannya membayar utang piutang baik utang kepada pemerintah berupa pajak retribusi dan lain-lain adalah perbuatan melawan hukum.

Majelis hakim juga menghukum tergugat I dan II untuk menyelesaikan pembayaran segala utang-utang Yayasan TAN kepada pemerintah cq Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur berikut bunga/denda berjalan sampai lunas.

Majelis hakim, lanjut Japansen juga menghukum tergugat IV (Kantor Pelayan Pajak Pratama Medan Timur) dan para turut tergugat untuk segera membuka blokir rekening bank penggugat-penggugat seketika di seluruh rekening bank penggugat yang ada di para turur tergugat tanpa syarat.

"Di akhir amar putusannya, majelis hakim PN Medan tanggal 18-12-2018 mengabulkan sebagian, memerintahkan atas tergugat I PT IT&B (Yayasan TAN), dan tergugat Rachmady Tanady dkk diantaranya tergugat III Tansri Chandra (Ketua Pembina Yayasan TAN) membayar utang pajak dan memerintahkan KPP Pratama Medan Timur untuk membuka rekening bank di seluruh Indonesia atas nama penggugat," tegas Japansen. (AFS/RIL)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com