Log in

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sumut


Medan-andalas Sebagian wilayah Sumut masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir yang diprakirakan masih terjadi tiga hari kedepan. Kabid Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I, Syahnan mengatakan, berdasarkan informasi BMKG Deputi Bidang Meteorologi menyebutkan bahwa prediksi hujan dikarenakan masih terdapat pusat tekanan udara rendah di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera. "Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya perlambatan tekanan angin, sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," jelasnya kepada wartawan di Medan, Kamis (12/10). Ia juga menyampaikan, keberadaan hari tanpa hujan umumnya berada pada kriteria masih ada hujan serta sangat pendek yang berpeluang terjadi beberapa daerah, kecuali di Kabupaten Deliserdang yakni di Desa Saentis dan Sampali Emplasmen.

Sedangkan untuk Kebupaten Humbang Hasundutan kriteria masih ada hujan di Sihonongan, Taput di Sipahutar dan di Kabupaten Tobasa di Ajibata berada pada kriteria pendek. Kemudian distribusi curah hujan dasarian atau rentang waktu sepuluh hari I Oktober 2017, dimana curah hujan yang terjadi selama periode tanggal 1 sampai 10 Oktober pada umumnya berada pada kategori rendah (0-55 mm) hingga menengah (berkisar antara 51-150 mm). "Sedangkan curah hujan dengan kategori sangat tinggi (>300 mm) terjadi di sebagian Kabupaten Asahan (Bandar Selamat) dan Kabupaten Tapteng (Stamet Pinang Sori)," terangnya.

Sementara prakiraan curah hujan Dasarian II Oktober 2017, diprakirakan curah hujan yang akan terjadi umumnya berada pada kategori menengah (51-150 mm) dengan peluang sebesar 90 persen. "Kecuali sebagian wilayah Kabupaten Tapteng, Kota Sibolga, Mandailing Natal dan Pulau Nias," katanya. Prakiraan daerah potensi rawan banjir Dasarian II Oktober 2017 diprakirakan berada pada kategori rendah, kecuali sebagian wilayah Langkat, Sergai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, Asahan, Labura, Tapteng, Padangsidempuan, Madina, dan Pulau Nias. "Daerah yang termasuk rawan banjir dalam kategori menengah dan kategori tinggi berada pada sebagian kecil wilayah Kota Padangsidempuan," sebut Syahnan mengakhiri. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px