Log in

Hasil Penelusuran Tak Ada Pasien Flu Singapura


Medan-andalas Hasil dari penelusuran dilakukan tidak menemukan satupun pasien menderita flu Singapura itu. Maka, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan memutuskan menghentikan penelusuran mereka atas kabar menjangkitnya penyakit flu Singapura yang dikabarkan telah menyerang sejumlah warga Kota Medan.

"Kami sudah telusuri, tapi memang nggak ada ditemukan pasiennya. Makanya kita hentikan dulu," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Medan dr Mutia Nimpar, Kamis (11/7) di Medan.

Begitupun, tegasnya, pihaknya akan kembali melakukan penelusuran jika memang benar kasusnya telah ditemukan. Karena pihaknya memang harus bergerak cepat guna mencegah flu Singapura itu mewabah. "Jadi walau nihil, kami akan terus melakukan pemantauan," katanya.

Menurut Mutia, sejauh ini pihaknya belum bisa membenarkan kabar yang menyatakan masyarakat terserang flu Singapura positif penyakit tersebut. Karena, fasilitas kesehatan (faskes) di lingkungan mereka, yakni di Kecamatan Medan Johor dan Medan Tuntungan, juga tidak ada memegang data rekam medik mereka.

"Sehingga jika pun memang benar ada dan sudah sembuh, kemungkinan tempat mereka berobat tidak ada memberi laporan. Sebab, jika berobat di klinik, Puskesmas atau rumah sakit, tentu ada rekam mediknya," jelasnya.

Namun, lanjut Mutia, bisa saja penyakit yang dikabarkan menyerang warga itu memang bukan penyakit flu Singapura. Sebab, bisa saja gejalanya menyerupai, namun ternyata penyakitnya berbeda.

"Untuk itu perlu diagnosa, dan diagnosa itu harus didukung penunjang laboratorium. Jadi nggak bisa kita sembarangan bilang itu adalah flu Singapura," katanya.

Karenanya, Mutia mengimbau, kendati flu Singapura itu belum dapat dipastikan, masyarakat diharap dapat terus menjaga kebersihannya. Selain itu, bila ada gejala sepert lemas, radang tenggorokan, demam, bagian pipi merah dan kalau anak-anak rewel agar segera berobat ke faskes yang telah ditentukan.

"Sehingga rekam mediknya bisa tercatat dengan benar. Tapi yang terpenting adalah terus menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit," ujarnya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px