Log in

Hapus Nuansa Perpeloncoan, PKKMB UMA Ditangani Dosen

Ketua YPHAS Drs HM Erwin Siregar MBA didampingi Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng menyematkan tanda peserta. Ketua YPHAS Drs HM Erwin Siregar MBA didampingi Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng menyematkan tanda peserta.

Medan-andalas Untuk menghapus nuansa perpeloncoan, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Medan Area (UMA) Tahun Akademik (TA)  2018/2019, ditangani dan ditanggungjawabi dosen.

"Agar tujuan PKKMB ini tercapai sengaja ditangani langsung oleh dosen. Kenapa, kalau masih ditangani oleh mahasiswa, nuansa perpeloncoan yang permintaannya macam-macam masih ada. Yang kita mau ini di relnya sesuai apa yang disebutkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) tentang PKKMB," kata Ketua Panitia PKKMB UMA TA 2018/2019, Ir Darianto MSc, di sela-sela pembukaan PKKMB UMA, di Gelanggang Serbaguna Kampus I, Jalan Kolam Medan Estate, Kamis (6/9).

PKKMB dibuka langsung Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng, dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs HM Erwin Siregar MBA, Wakil Rektor (WR) I Dr Ir Siti Mardiana MSi, WR III Muazzul SH MHum, Kabag Humas Ir Asmah Indrawati MP para dekan dan ketua prodi di lingkungan UMA.

Darianto yang juga Wakil Dekan (WD) III Fakutas Teknik UMA menyebutkan, sebanyak 2.000 mahasiswa baru dari tujuh fakultas mengikuti kegiatan PKKMB. Sedangkan 1.000 mahasiswa baru lainnya merupakan mahasiswa kuliah malam (kelas pekerja) dan pascasarjana akan mengikuti PKKMB tersendiri yang akan dilaksanakan malam hari di Kampus II Jalan Sei Serayu, Medan.

"Kali ini kita mengangkat tema “Memperteguh Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Demi Tercapainya SDM Inovatif, Berkepribadian dan Mandiri. PKKMB ini sifatnya wajib. Apabila tidak mengikuti, mahasiswa tersebut tidak bisa mengisi KRS online,” katanya.

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc menambahkan, pelaksanaan PKKMB mengacu pada surat edaran Direktur Pembelajaran Kemahasiswaan Kemenristekdikti. "Dalam PKKMB ini juga saya sudah menyampaikan dan mahasiswa sudah harus siap untuk lulus dalam masa empat tahun dengan indeks prestasi komulatif (IPK) minimal 3.0. Ini merupakan standar yang harus dipenuhi mahasiswa," tegasnya.

Dikatakan, mahasiswa juga diminta untuk berprestasi yang merupakan visi UMA yang inovatif berkepribadian dan mandiri. Rektor juga mengingatkan agar mahasiswa harus mempunyai ahklak (kepribadian).

"Prestasinya harus inovasi berdasarkan temuan-temuan atau membuat karya-karya baru. Kemudian bagaimana setelah mahasiswa tersebut sudah lulus yang harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Artinya UMA tetap membekali mahasiswa agar tidak menganggur. Yang terpenting itu kepribadian. Kalau tidak memiliki kepribadian, tidak ada artinya semua itu," imbuhnya. (HAM)

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 9.66 km/h

  • 16 Nov 2018 29°C 22°C
  • 17 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px