Log in

Hadapi Pilkada, Kader PDIP Se-Sumut Dilatih Jadi Tim Siber

Peserta pelatihan tim siber dari 33 DPC se-Sumut diabadikan bersama unsur pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut.(Andalas/Ist) Peserta pelatihan tim siber dari 33 DPC se-Sumut diabadikan bersama unsur pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut.(Andalas/Ist)

Medan-andalas Kader PDI-Perjuangan se-Sumatera Utara dilatih menjadi tim siber, guna mengusai teknologi informasi melalui jejaring sosial atau medsos (media sosial) dalam menghadapi Pilkada (pemilihan kepala daerah) delapan kabupaten/kota dan provinsi di Sumut.

Demikian dikemukakan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Japorman Saragih saat membuka pelatihan tim siber DPD PDI Perjuangan Sumut, Selasa (14/11) di Four Point Jalan Gatot Subroto Medan.

Turut hadir sekretaris dan unsur pimpinan DPD PDI Perjuangan Sumut Drs Soetarto, wakil sekretaris yang kini menjabat Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, Drs Baskami Ginting (anggota DPRD Sumut), Jumiran Abdi, Meinarty Bangun BA, Penyabar Nakhe, Lancar Siahaan, dan Dame Tobing.

Japorman mengatakan, siber merupakan salah satu alat teknologi canggih bergerak di bidang komunikasi dan informasi harus dikuasai setiap orang. "Siber sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui jejaring sosial atau medsos secara cepat dan akurat,"ujarnya.

Apalagi, lanjut Japorman Saragih, sekarang zaman milenia menguasai kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kader PDI-Perjuangan di Sumut harus mengusai siber jejaring sosial.

"Banyak pemenang Pilkada baik di dalam maupun liar negeri benar-benar mengusai siber. Sebaliknya kekalahan dalam Pilkada juga disebabkan siber melakukan black campaign terhadap calon presiden, calon gubernur atau calon bupati/wali kota," ujarnya.

Dari delapan kabupaten/kota di Sumut akan melaksanakan Pilkada, kata Japorman, penguasaan jejaring sosial sangat menentukan secara signifikan menang kalahnya seorang calon kepala daerah dalam sebuah pertarungan politik. Untuk itu, jejaring sosial dimanfaatkan untuk kebaikan dan digunakan sebaik-sebaiknya untuk kemajuan dan kebaikan kepada masyarakat.

"Kita harus fokus memaknai ilmu yang disajikan instruktur siber, karena tidak banyak orang seberuntung PDI-Perjuangan mendapat pelatihan siber. Gunakan siber untuk menyampaikan hal-hal yang positif dan tidak perlu menjelek-jelekan orang lain,"ujar Japorman.

Sementara Soetarto menyebutkan, pelatihan tim siber DPD PDI-Perjuangan Sumut atas kerja sama Yayasan Friedrich Nauman STIFTUNG dengan DPP PDI-Perjuangan. Pelatihan diikuti 33 DPC se-Sumut masing-masing utusan satu orang peserta dan unsur DPD PDI-Perjuangan Sumut, selama dua hari hingga Rabu (15/11) dan DPD menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Siber, Friedrich Nauman Stiftung.(UJ)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px