Logo
Print this page

Hadapi Gugatan Prabowo-Sandi, KPU Siapkan 272 Kontainer Alat Bukti


Jakarta-andalas Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyerahkan jawaban terkait gugatan Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (12/6). KPU telah menyiapkan banyak alat bukti untuk menghadapi gugatan dari pasangan calon (paslon) 02 Prabowo-Sandi.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari melalui keterangan tertulis menjelaskan masing-masing 34 KPU Provinsi akan menyerahkan 8 boks atau kontainer alat bukti.

"Jadi akan diserahkan dokumen alat bukti sebanyak 272 kontainer," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari.

Dia menjelaskan, Masing-masing boks berukuran panjang 60cm x lebar 40cm x tinggi 40cm = 96.000cm3. "Total 272 kontainer x 96.000cm3 = 26.112.000 cm3, setara dengan 26.112 m3."

Menurut Hasyim, banyaknya alat bukti menunjukkan KPU serius mempersiapkan jawaban ke MK. "Ini menunjukkan keseriusan KPU dalam mempersiapkan dan menghadapi gugatan PHPU Pilpres 2019 di MK," katanya.

Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU RI, Rabu (12/6) menyatakan KPU siap membuktikan semua dokumen dan kronologi hasil rekapitulasi. "Semua kita siapkan, kita ingin membuktikan bahwa rekapitulasi kita ini loh. Silakan hakim menilai, melihat bukti-bukti kita," ujarnya

Menurut Ilham, alat bukti yang dibawa telah diorganisir dan sebagian telah dibawa ke MK.

"Banyak-lah berkasnya, tapi kalo kita menganalogikan dengan kontainer saya gak tau ya berapa kontainer. Tetapi kemarin, Jawa Timur aja dua truk untuk bukti aja. Jadi sekarang yang pasti sedang mengorganisir," ucapnya

Salah satu berkas yang dibawa adalah tudingan ada 17,5 juta DPT palsu. "Misalkan tadi beberapa hal yang terkait dengan data pemilih, soal situng, soal logistik. Itu kita siapkan bahan-bahannya. Soal 17,5 juta juga," tandasnya.

Sebelumnya, KPU RI telah mengumpulkan KPU daerah sejak Minggu (9/6) untuk membahas persiapan menghadapi gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Rapat bersama KPUD itu bertujuan menyiapkan dokumen jawaban atas gugatan paslon nomor urut 02.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan, datang menyambangi Kantor MK, Rabu sore guna memberi berkas jawaban mengenai perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2019.

"Ya apa kabar rekan-rekan media," sapa keduanya sembari masuk ke ruang registrasi di lobi utama Kantor MK, Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Pantauan di lokasi, keduanya datang tepat pukul 15.00 WIB. Namun saat registrasinya, Bawaslu mengawali lebih dulu, kemudian disusul KPU RI 30 menit selanjutnya.

"Ya ini Pak Abhan dulu, Bawaslu. Nanti baru kami KPU," kata Arief.

Bawaslu pun resmi mendaftarkan berkas jawaban mengenai PHPU Pemilihan Presiden 2019. Diketahui ada empat keterangan diberikan Bawaslu kepada Mahkamah Konstitusi yang teregistrasi Rabu sore.

“Kami sebagai pemberi keterangan keterangan ada 151 halaman kemudian alat bukti ada 134 alat bukti," kata Abhan di Kanto Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Empat keterangan yang diberikan Bawaslu itu, pertama terkait hasil pengawasan Pemilu 2019, terutama terkait Pilpres yakni hasil pengawasan para pengawas Pemilu di tahapan awal sampai tahapan rekapitulasi.

Kedua, Bawaslu memberikan tindak lanjut dari laporan maupun temuan selama proses tahapan pemilu 2019. "Karena ada segelintir laporan dan dengan tindak lanjut temuan dan laporan," kata Abhan.

Ketiga, lanjut dia, terkait keterangan atau jawaban Bawaslu atas pokok dalil pemohon. Keempat, terkait jumlah dan jenis pelanggaran yang berelasi dengan dalil pemohon dalam hal ini pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo dan Sandiaga Uno.

"Kami sampelkan rangkap dua belas keterangan ini," jelas dia.

Bawaslu mengatakan, apa yang diregistrasikan ke MK itu berdasarkan permohonan Tim Hukum Prabowo-Sandiaga yang pertama.

Artinya, registrasi yang sempat ditambahkan atau direvisi kemarin oleh Bambang Widjojanto, ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga, tidak disertakan pada Rabu kemarin.

"Mungkin porsinya KPU tapi saya kira kami kalau nanti ada yang menyangkut kami, tentu akan direspon dengan keterangan tambahan," Abhan menandasi. (LP6/MC)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com