Log in

Generasi Muda Harus Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini

Sekda Provsu Sabrina memberi nasi tumpeng kepada Ketua Legiun Veteran Sumatera Utara H Alauddin pada acara Resepsi Syukuran dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, di Aula RajaInal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro Medan, Minggu (10/11). Sekda Provsu Sabrina memberi nasi tumpeng kepada Ketua Legiun Veteran Sumatera Utara H Alauddin pada acara Resepsi Syukuran dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, di Aula RajaInal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro Medan, Minggu (10/11).

Syukuran Peringatan Hari Pahlawan

Medan-andalas Kemerdekaan yang telah dipersembahkan oleh para pahlawan dan pejuang kemerdekaan di masa lalu merupakan tanggung jawab bersama yang harus dirawat. Apalagi generasi muda, harus bisa menjadi pahlawan masa kini melanjutkan perjuangan dan tantangan yang lebih berat kini.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda)Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina saat menghadiri Jamuan Makan Siang dan Syukuran Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Minggu (10/11), di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan.

"Peringatan Hari Pahlawan hari ini menjadi pengingat bagi kita untuk menteladani pengorbanan para pahlawan, khususnya oleh generasi pewaris dan penerus bangsa. Kalau kata Bung Karno, bangsa besar adalah bangsa menghargai jasa pahlawannya," ucap Sabrina.

Mengutip pesan Pahlawan Nasional Silas Papare yang berbunyi "Jangan Sanjung Aku, Tetapi Teruskanlah Perjuanganku",Sabrina berharap pemuda mampu meneruskan perjuangan bangsa dan negara masih panjang. Salah satunya, dengan membekali kapasitas diri.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 yakni "Aku Pahlawan Masa Kini", Sabrina ingin masyarakat menghayati dan memegang erat nilai-nilai kepahlawanan dalam diri masing-masing. "Setiap kita ini adalah pahlawan, untuk keluarga, teman, lingkungan, maupun untuk diri sendiri. Miliki semangat juang untuk menjadikan hidup lebih baik juga bentuk perjuangan," tuturnya.

Terakhir, Sabrina berpesan agar seluruh komponen masyarakat selalu menjunjung persatuan dan kesatuan. Merapatkan barisan, menyatukan visi dan persepsi untuk mengatasi permasalahan sedang dihadapi oleh bangsa.

Sementara itu, Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu M Yusuf selaku Ketua Panitia pelaksana menyebut ada beragam rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 di lingkungan Pemprov Sumut.

Di antaranya, kegiatan dialog interaktif di RRI Cabang Medan dan TVRI Sumut, kegiatan karya bakti di taman makam pahlawan, pameran sejarah perjuangan di museum negeri, upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan, upacara tabur bunga di perairan buoy 2 laut Belawan dan syukuran peringatan Hari Pahlawan.

Dalam kesempatan itu, Sabrina bersama unsur Forkopimda Sumut menyerahkan tali asih secara simbolis kepada perwakilan keluarga pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan RI di Sumut. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng bersama para veteran.

Acara diakhiri dengan acara hiburan, ramah-tamah dan menyantap sajian makan siang telah disediakan. Turut hadir dalam acara syukuran unsur Forkopimda Sumut, mewakili DPRD Sumut, Dirut Bank Sumut M Budi Utomo, Konjen/konsul negara sahabat, OPD Provinsi Sumut, keluarga pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan, pimpinan organisasi pejuang,organisasi masyarakat, kepemudaan, dan undangan lainnya.(WAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px