Log in

Gaswah NU Sumut Salurkan Beras ke Masyarakat Karo

PENGURUS PWNU Sumut dan Gaswah NU Sumut diabadikan bersama penerima bantuan beras di Masjid Agung Kabanjahe, Tanah Karo. PENGURUS PWNU Sumut dan Gaswah NU Sumut diabadikan bersama penerima bantuan beras di Masjid Agung Kabanjahe, Tanah Karo.

Medan-andalas Gerakan Sedekah dan Dakwah (Gaswah) Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Utara terus melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat kurang mampu di seluruh wilayah Sumatera Utara. “Biar sedikit tetapi kegiatan ini rutin dilaksanakan dari masjid ke masjid,” ujar Ketua Gaswah NU Sumut Drs H Khairuddin Hutasuhut kepada wartawan di Kantor PWNU Sumut, Jalan Sei Batanghari, Medan, sekembalinya dari Kota Kabanjahe, Kabupaten Karo, Selasa (16/5).

Khairuddin didampingi Sekretaris Gaswah Faisal Ananda Batubara mengatakan, di Kabupaten Karo bantuan yang diserahkan sebanyak 50 paket, sekaitan dengan Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW yang digelar Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten Karo di Masjid Agung Kabanjahe. Tujuan Gaswah ini, lanjut Khairuddin, adalah untuk mempererat silaturahmi yang kegiatannya dari masjid ke masjid rutin setiap bulannya. Bantuan yang diberikan berupa beras dari sumbangan donatur berupa zakat, infak, dan sedekah.

Dikatakan Khairuddin, kehadiran Gaswah yang baru terbentuk pada 14 Februari 2017 sudah memberikan makna tersendiri, khususnya bagi warga nahdliyin. “Dengan semangat dakwah bil hal (tindakan) dan bil lisan (bicara) Gaswah akan terus ’menyentuh’ warga nahdliyin hingga ke pelosok daerah,” ujar Khairuddin. Dalam setiap penyerahan batuan yang dipusatkan di masjid, selalu diisi dengan ceramah agama tentang Ahlusunnah Waljamaah (Aswaja), sehingga umat akan lebih kuat dalam pemahaman ke-NU-an dan kebangsaan.

Gaswah bertugas menghimpun sedekah berupa beras dari umat Islam setiap bulan mulai dari porsi kecil hingga besar. Hasilnya disalurkan ke para mustahak saat menggelar safari dakwah bersama dai dan qari ke masjid-masjid. "Bagi masyarakat yang ingin bersedekah bisa menyampaikannya ke Sekretariat Gaswah di Kantor PWNU Sumut. Panitia juga bersedia menjemput sedekah beras ke alamat pemberi dengan menghubungi kami, Khairuddin Hutasuhut (Ketua Gaswah) di 081396762277, Faisal Ananda Batubara (Sekretaris) 081319062815, dan Tapi Rumondang Nasution Wakil Ketua) 08126021017," kata Khairuddin yang juga Wakil Ketua PWNU Sumut.

Hadir dalam kegiatan di Kabanjahe, Ketua PWNU Sumut H Afifuddin Lubis, Sekretaris Misran Sihaloho, Wakil Bendahara Baharuddin Berutu, Abror Daud Faza, Ketua PCNU Kabupaten Karo Drs Pimpin Bangun, Pengurus Muslimat PWNU Sumut, Wakapolres Karo Kompol Reza M Lubis, dan Abror Daud Faza. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Bendahara Gaswah Ahmad Abdurrahim dan ceramah agama disampaikan Ustaz Drs H Sariman Al Faruq yang diantaranya menyampaikan tentang Aswaja. Di sela-sela kegiatan juga dilakukan sosialisasi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) yakni lembaga pendidikan perguruan tinggi yang dibentuk dan didirikan oleh PWNU Sumut. (HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px