Log in

Ganti Direktur, Patung Dr Pirngadi Kembali Dipindah


Medan-andalas 2014 silam, pihak manajemen RSUD Dr Pirngadi yang dipimpin dr Edwin Effendi, memindahkan patung dokter Raden Pirngadi Gonggoputro dari halaman depan rumah sakit ke seputaran taman tidak jauh dari ruang direktur. Alasan pemindahan itu dilakukan untuk memperbesar lokasi areal parkir. Namun, dengan pergantian direktur tahun 2017 lalu yang  dipimpin dr Suryadi Panjaitan SpPD. Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan, memutuskan untuk membongkar kembali patung dokter Raden Pirngadi Gonggoputro, yang menjadi simbol rumah sakit ini, Selasa (13/2).

Pembongkaran tersebut dilakukan, karena manajemen RSUD dr Pirngadi beralasan ingin kembali menempatkan patung direktur pribumi pertama rumah sakit milik Pemko Medan ini ketempatnya semula, di halaman parkir yang menghadap ke Jalan HM Yamin, Medan. "Saat ini dipindahkan lagi. Karena kalau menurut Direktur kami, patung dokter Raden Pirngadi Gonggoputro lebih cocok ditempatkan, ditempatnya yang lama," kata Kasubag Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Peranginangin, Selasa (13/2). Sebab, jika diletakkan di halaman dalam rumah sakit, jelas Edison, patung tersebut hanya akan dapat dilihat oleh pasien, keluarga pasien, pegawai, serta para dokter rumah sakit saja. Sedangkan bila patung itu ditempakan dilokasinya yang semula, yakni menghadap jalan, akan dapat dilihat seluruh khalayak ramai.

"Jadi bisa lebih ditampilkan ke khalayak. Bahwa, itulah Direktur pribumi pertama RSUD dr Pirngadi Medan, dokter Raden Pirngadi Gonggoputro," terangnya. Pemindahan ini juga, lanjut Edison, agar  bila masyarakat melihat, dapat menghormati sosok dokter Pirngadi. Meskipun dari aspek keindahan, menurut Edison, patung tersebut sebenarnya lebih cocok untuk ditempatkan dihalaman dalam rumah sakit plat merah ini. "Jadi tujuan dibongkar itu cuma untuk dipindah saja. Kita kan nggak paham, beda direktur beda kemauannya. Makanya kembali dipindahkan," kata Edison. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 16 Aug 2018 30°C 23°C
  • 17 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px