Log in

Empat Dosen ITM Peroleh LPPM Award

Empat dosen peneliti dan pengabdi yang berhasil mendapatkan LPPM Award 2018 diabadikan bersama Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT dan disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan Cemerlang SE.Andalas/ist Empat dosen peneliti dan pengabdi yang berhasil mendapatkan LPPM Award 2018 diabadikan bersama Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT dan disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan Cemerlang SE.Andalas/ist

Medan-andalas Empat dosen pengabdi dan peneliti Institut Teknologi Medan (ITM) LPPM Award 2018 dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ITM. Penghargaan tersebut diserhakan langsung Rektor ITM Dr Mahrizal Masri MT, IPM,AER, di sela-sela wisuda lulusa ITM di Gedung Selecta Medan, baru-baru ini.

Hadir dalam acara itu, Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan Cemerlang SE, Ketua LPPM ITM Dr Cut Nuraini ST MT, para wakil rektor dan dekan.

Rektor ITM Mahrizal Masri mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi terhadap sejumlah data yang masuk yang diajukan oleh para dosen peneliti dan pengabdi kepada masyarakat.

Berdasarkan track record (rekam jejak) para dosen peneliti dan pengabdi kepada masyarakat yang memasukkan formulir isian LPPM Award 2018, LPPM telah menetapkan empat kategori yang mendapatkan LPPM Award 2018 adalah, Pengabdi Terbaik Ir Nurdiana, MT (Jurusan Teknik Mesin), Peneliti Terbaik Dr Ir A’azokhi Waruwu, ST, MT (Jurusan Teknik Sipil), Penulis Artikel Terbaik (Publikasi Lanjut) Dr Ir Muhammad Irwanto, MT, IPM (Jurusan Teknik Elektro) dan Peneliti/Pengabdi Muda Terbaik Jufrizal, ST, MT (Jurusan Teknik Mesin).

Rektor menambahkan, dalam rangka persiapan pengajuan proposal penelitian dari Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Tahun Anggaran 2019, LPPM ITM telah mengadakan rangkaian kegiatan Visiting Professor sebagai keynote speaker sekaligus visiting professor adalah salah satu Reviewer Nasional  DRPM Dikti sekaligus Reviewer Eksternal LPPM ITM, yaitu Prof Dr Saryono, M.Si dari Universitas Riau (Unri).

Rangkaian kegiatan Visiting Professor tersebut terdiri atas tiga kegiatan utama, yaitu Workshop Renstra & Roadmap Penelitian ITM. Workshop Renstra penting dilakukan mengingat posisi LPPM ITM sejak tahun 2015 telah berada di kluster Madya dan berpeluang untuk mengajukan Hibah Unggulan Perguruan Tinggi dengan pendanaan DRPM.

Hibah Unggulan Perguruan Tinggi memiliki kriteria khusus, yaitu bahwa proposal pengajuan harus mengacu pada Roadmap Penelitian Intitusi. Skema hibah ini merupakan peluang besar bagi dosen-dosen di lingkungan ITM untuk dapat mengajukan penelitian yang mendukung percepatan pencapaian Renstra Penelitian ITM.

Selanjutnya, Coaching Clinic Proposal Penelitian dilakukan sebagai tahap pra desk-evaluasi untuk mengecek kesesuaian proposal yang diajukan berdasar panduan terbaru Edisi XII tahun 2018 yang sudah diluncurkan oleh DRPM.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi semua dosen yang telah memiliki draf proposal, sehingga keynote speakerdapat mengevaluasi isi draf proposal untuk diberi masukan dan diperbaiki/dilengkapi sebelum diunggah ke portal Simlitabmas,” katanya.

Kemudian, kegiatan kewirausahaan mahasiswa merupakan rangkaian terakhir visiting professor yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari semua jurusan yang ada di ITM. Potensi kewirausahaan oleh mahasiswa juga memiliki pendanaan yang cukup besar, sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjadi enterpreunershipbaru di lingkungan kampus secara khusus, dan di lingkungan Sumatera Utara secara umum. (HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px