Logo
Print this page

Dua Mahasiswa UMSU Magang Bersertifikasi di Inalum


Medan-andalas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengirim dua Mahasiswa Fakultas Teknik magang bersertifikat profesi ke PT Inalum Asahan sebagai tindaklanjut penadatanganan kerjasama UMSU dengan Badan Usaha Milik Negara.

"Untuk sementara dan sebagai tahap awal kita akan mengirimkan dua mahasiswa Fakultas Teknik jurusan elektro untuk magang bersertifikat profesi di BUMN. Ke depan secara bertahap pengiriman mahasiswa magang bersertifikat profesi ini diharapkan bisa segera diwujudkan ke seluruh BUMN," kata Dekan Fakultas Teknik, Munawar ST MT di Medan, Minggu kemarin.

Selain magang bersertifikat profesi kerja sama dengan BUMN, Fakultas Teknik UMSU juga tengah mempersiapkan mahasiswanya mengikuti program magang ke luar negeri, tepatnya ke Jepang. Saat ini ada 39 mahasiswa hasil seleksi yang mendapatkan pelatihan secara intensif bahasa Jepang.

Dari 39 itu dua di antaranya akan segera diberangkatkan ke Jepang, sisanya menunggu untuk berangkat secara bertahap. Ia mengatakan program mahasiswa magang di BUMN dan ke luar negeri itu diharapkan akan menjadi bekal bagi mahasiswa sehingga benar-benar memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan industri.

"Melalui magang ini diharapkan mahasiswa bisa menambah pengalaman berupa wawasan dan keterampilan," katanya.

Sebelumnya UMSU bersama sejumlah perguruan tinggi lainnya menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian BUMN di Aula Serbaguna PT Angkasa Pura 2 Cabang Kualanamu, beberapa waktu lalu.

Penandatanganan MoU tersebut digelar di sela-sela pertemuan "Sharing Session Talent Mobility and People Analytics in Implementation" yang diikuti puluhan Direktur SDM seluruh BUMN di Indonesia.

Penandatanganan MoU itu disaksikan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra dan Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdi Harman. Rektor UMSU Dr Agussani mengaku sangat gembira dengan kerja sama tersebut karena memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk magang di berbagai BUMN. Kerja sama itu menurut dia sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan dan keterampilan serta pengalaman di dunia kerja.

"Melalui magang bersertifikat profesi ini, mahasiswa bisa belajar mengaplikasikan ilmu yang diterimanya di perguruan tinggi dengan pengalaman bekerja di perushaan BUMN sehingga nantinya bisa lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja," katanya. (ant)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com