Log in

DPRD Sumut dan DPD RI Bahas Percepatan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara


Medan-andalas Rencana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara terus dikebut oleh DPRD Sumut. Selasa awal pekan ini, beberapa utusan DPRD Sumut termasuk Ketua DPRD, Wagirin Arman menjumpai Menteri Dalam Negeri. Setelahnya, Rabu kemarin, rencana ini dibahas intensif bersama Komite I DPD RI di Jakarta.

Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman mengatakan, anggota dewan di DPRD Sumut telah sepakat untuk mempercepat pembentukan provinsi baru tersebut. “Kemarin, kami membahas sejumlah masalah, tantangan dan hambatan yang berpotensi menghambat rencana ini bersama DPD,” kata Wagirin, Jumat (12/7).

Intinya, kata dia, DPD RI juga sepakat untuk ikut mendorong percepatan pembentukan provinsi baru yang akan berpisah dari Provinsi Sumatera Utara itu.

Salah satu hal yang menjadi kendala pembentukan DOB (Daerah Otonomi Baru) adalah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah terutama terkait luas wilayah, jumlah penduduk sebagai persyaratan utama pemekaran daerah baru. “Syarat ini cukup sulit diaplikasikan sehingga kami meminta agar pembahasan lebih fokus ke masalah ini,” ujarnya.

Menurut dia, jika syarat luas wilayah dan jumlah penduduk tetap dipaksakan, maka kecil kemungkinan provinsi baru akan terbentuk. “Bahkan, hanya daerah di Jawa saja yang bisa bentuk provinsi baru. Selebihnya tidak,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mendesak DPD RI untuk menyuarakan aspirasi ini kepada pemerintah, sehingga upaya pemekaran bisa berjalan dengan baik. Hal ini, kata dia, semata-mata demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun rencana ini juga telah dibahas intensif di tingkat dewan provinsi, terutama anggota legislatif yang terpilih dari daerah pemilihan di wilayah Tapanuli.

Rencana pemekaran ini akan menyatukan setidaknya lima daerah di wilayah Tapanuli, yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Mandailing Natal. Rencananya, ibu kota provinsi baru ini akan dipusatkan di Padangsidimpuan.(MIC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px