Log in

DPD Bentuk Tim Pemeriksa Kelistrikan Pasar Tradisional


Medan-andalas Dewan Perwakilan Daerah(DPD) RI - PT PLN Wilayah Sumut - PD Pasar Medan sepakat membentuk Tim Pemeriksaan Sistem Kelistrikan yang terpasang di pasar tradisional di Kota Medan untuk menekan kasus kebakaran di pasar. "Tim dibentuk setelah melihat tingginya angka kasus kebakaran di pasar tradisional di Medan yang sebagian besar akibat terjadi korslet aliran listrik,"kata anggota DPD RI, Parlindungan Purba, di Medan, Kamis kemarin. Parlindungan yang Ketua Komite II DPD RI mengatakan itu usai pertemuan membahas kebakaran di pasar tradisional bersama PT PLN, PD Pasar Medan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan dan Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumut (P3TS) atas inisiatif Komite II DPD RI.

Dalam pertemuan itu langsung disepakati pembentukan Tim Pemeriksaan Sistem Kelistrikan Yang Terpasang di pasar tradisional Kota Medan dan pelatihan pemadaman kebakaran. Sebagai ketua tim ditetapkan DPD RI/ Parlindungan Purba, Sekretaris PD Pasar Kota Medan dan anggota PT PLN, Dinas Kebakaran Kota Medan dan yang terkait lainnya termasuk P3TS Sumut. Menurut Parlindungan, tim akan melakukan pemeriksaan ke- 28 pasar dari 52 pasar tradisional yang di bawah PD Pasar Medan. Pemeriksaan sistem kelistrikan di pasar tradisional dimulai 13 September hingga 13 Oktober 2018.

Sebelum diperiksa, mulai pada 7 September 2018, PD Pasar Medan diminta menginformasikan ke pedagang soal rencana pemeriksaan itu. Tujuan informasi agar kalau sebelumnya ada permasalahan kelistrikan seperti aksi pencurian bisa diperbaiki para pedagang sebelum dilakukan pemeriksaan. "Pemeriksaan sistem kelistrikan tidak dikenakan pembayaran, tetapi kalau ada temuan, tentunya akan ada sanksi.Untuk itu pedagang harus berbenah dan PD Pasar Medan diminta menyosialisasikan sebelumnya,"katanya. Selain melakukan pemeriksaan, akan ada pelatihan pemadaman kebakaran yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan bekerja sama dengan PD Pasar kepada petugas keamanan di pasar.
Manager Distribusi PLN Wilayah Sumut, Budiono, mendukung inisiatif DPD RI untuk membentuk Tim Pemeriksaan Sistem Kelistrikan Yang Terpasang di pasar tradisional Medan.

"Pemeriksaan memang sangat penting karena sebagian besar kasus kebakaran di pasar tradisional akibat sistem kelistrikan yang tidak beres seperti adanya pencurian arus listrik dan penggunaan kabel yang tidak sesuai standar,"katanya. Dia juga mengakui, sangat sedikit pasar tradisional yang memiliki alat pembatas dan pengukuran(APP) seperti yang sudah dilakukan PLN di pasar Gelugur Rantau Prapat dan pasar Simpang Limun, Medan dan Taviv Binjai. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan, Marihot Tampubolon mengatakan, pertemuan dan pembentukan tim sangat diapresiasi karena bisa menekan angka kebakaran khususnya di pasar tradisonal.

"Pelatihan penanganan kebakaran juga sangat diapresiasi karena selain petugas kebakaran tidak terlatih memutus aliran listrik saat terjadi kebakaran, petugas keamanan di pasar tradisional juga tidak nemahami menggunakan alat pemadam,"katanya. Kepala Sub Bagian Perawatan PD Pasar Kota Medan, Salman Teguh mengatakan siap menyosialisasikan rencana pemeriksaan itu ke pedagang. Ketua P3TS, Zulkifki Chaniago mengakui, kebakaran menjadi suatu hal yang ditakuti para pedagang. "Pedagang memang berharap agar sistem kelistrikan di pasar tradisional di Sumut benar - benar sesuai standar untuk mencegah kerugian pedagang,"katanya. (ant)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px