Log in

Dishub Medan Lemah Bina Sopir Angkot


Medan-andalas Pimpinan DPRD Medan menilai Dinas Perhubungan Medan sangat lemah dalam membina para sopir angkutan kota (angkot) yang tergabung dalam organisasi seperti Kesper dan Organda, agar tertib dalam berlalu lintas. Ketua DPRD Medan Henry J Hutagalung mengatakan peristiwa sopir angkot menabrak Bripka Pama Winda Simanungkalit, polwan yang sedang bertugas mengatur lalu lintas di persimpangan Jalan Jamin Ginting, Medan, Sabtu (18/3) lalu  menjadi bukti kelemahan Dishub Medan itu. "Kita juga sering melihat angkot berhenti sembarangan menurunkan penumpang. Padahal Pemko Medan sudah menganggarkan dana untuk pembuatan halte," ujar Henry di DPRD Medan, Senin (20/3).

Seharusnya, kata Henry, polisi khususnya satlantas juga ikut mengarahkan para sopir angkot berhenti di halte agar lalu lintas di Kota Medan lebih tertib. Keprihatinan atas insiden sopir angkot menabrak polwan yang terekam CCTV milik Dishub dan menyita perhatian netizen itu juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli dan Ihwan Ritonga serta anggota Komisi D Ahmad Arif. "Sangat kita sayangkan tindakan yang dilakukan sopir angkot itu jika kita lihat hasil rekaman CCTV-nya. Mungkin sopir angkot itu tidak melalui jalur resmi dalam mengurus surat izin mengemudinya. Kalau dia (sopir, red) mengurus secara resmi, pasti dia paham dengan konsekuensinya jika melanggar aturan tertulis maupun tersirat," komentarnya.

Dia mememinta Kepala Dishub Kota Medan melakukan langkah konkret dalam membina para sopir angkot. "Sekarang ini kan muncul angkutan berbasis online. Kenapa bertahan sampai sekarang, karena masyarakat merasa nyaman menggunakan angkutan berbasis online ini. Tarifnya juga tidak terlalu memberatkan kantong. Pelayanannya juga bagus. Jadi supaya angkutan massal kita juga tidak ditinggalkan penggunanya, cobalah perbaiki semuanya. Mulai dari unitnya sampai dengan pelayanannya," imbaunya. (THA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px