Log in

Dinkes Sumut Launching SIMPEL JKN PBI

MENUNJUKAN GAMBAR - Kadinkes Sumut Agustama (empat dari kiri) dan Kabid Yankes Hartai (tiga dari kiri) menunjukkan gambar kartu JKN KIS dalam satu acara beberapa waktu lalu. MENUNJUKAN GAMBAR - Kadinkes Sumut Agustama (empat dari kiri) dan Kabid Yankes Hartai (tiga dari kiri) menunjukkan gambar kartu JKN KIS dalam satu acara beberapa waktu lalu.

Medan-andalas Untukmemberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan informasi mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) Agustama melaunching Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran SIMPEL JKN PBI beberapa waktu lalu di aula kantor. 

“Aplikasi ini membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang kepesertaan Kartu Indonesia Sehat yang di Sumut namanya Penerima Bantuan Iuran (PBI),” kata Agustama, Senin(13/11) di Dinkes Sumut.

Ia berharap,masyarakat miskin dapat melihat apakah dirinya sudah terdaftar di PBI atau belum. Maka bisa menanyakannya kepada kelurahan atau desa tempat tinggalnya.

“Diharapkan program ini yang juga untuk menuju gerakan masyarakat Sumut sejahtera sesuai program pak Gubernur Tengku Erry dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara kepala bidang pelayanan kesehatan Dinkes Sumut, Hartati menjelaskan, JKN merupakan program nasional sesuai dengan Sistim Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Program tersebut dijalankan 3 Kementerian yaitu Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan BPJS Pusat. 

“Tugas kita mengirim data peserta JKN-KIS. Kalau untuk Sumut anggarannya melalui APBD yang dibayarkan kepada BPJS. BPJS akan menerima data dan mencetak kartu peserta dan mendistribusikannya ke kabupaten/kota,” terangnya. 

Karenanya, kata Hartati lagi, bagaimana data base itu bisa dikeluarkan dengan aplikasi SIMPEL JKN PBI dan untuk tahun ini pesertanya sebanyak 331.511 jiwa. Untuk melihat aplikasi tersebut, jelasnya kembali, klik “simplejknpbi.com” dan akan muncul tampilan
gambar.

Selain data PBI kab/kota, ada aplikasi kegiatan bidang pelayanan kesehatan dinkes Sumut dan profil.Selanjutnya akan ada petunjuk untuk mengklik, apa yang ingin kita lihat seperti inginmencetak data peserta JKN PBI, menambah data kepesertaan yang harus lengkap dan lainnya.

“Tahun depan, kita harapkan adanya dukungan dari kabupaten/kota mengadakan aplikasi seperti ini. Sehingga masyarakat bisa melihat apakah datanya sudah masuk atau belum,” pungkas Hartati.(YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px