Log in

Derajat Kesehatan Masyarakat Harus Jadi Konsep Pembangunan

Gubsu T.Ery Nuradi didampingi istri saat menyerahkan kartu Indonesia saat kepada masyarakat pada pencanangan Germas di Labuhan Batu, Kamis (12/10). Gubsu T.Ery Nuradi didampingi istri saat menyerahkan kartu Indonesia saat kepada masyarakat pada pencanangan Germas di Labuhan Batu, Kamis (12/10).

Medan-andalas Derajat kesehatan masyarakat harus menjadi konsep pembangunan kesehatan ke depannya. Hal itu disampaikan Gubsu Ery Nuradi saat mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lapangan kecamatan Pangkatan, Labuhan Batu, Kamis (12/10). Gubsu mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Nasional (RPJMN), upaya kesehatan bergerak dari upaya preventif dan promotif. "Saat ini, kita dihadapi dengan masih tingginya Penyakit Tidak Menular (PTM). Transisi  epidemiogi seperti stroke, jantung, diabetes mellitus dan lainnya," ujarnya. Penyakit tersebut, lanjut Gubsu, menyebabkan,  meningkatnya beban pembiayaan kesehatan, menurunnya produktifitas kerja, menurunnya daya saing masyarakat dan negara serta meningkatnya beban ekonomi.

Karenanya, lanjut Gubsu, PTM sangat tergantung individu ketersediaan pelayanan kesehatan, sarana dan  prasana serta dukungan regulasi. Dengan pentingnya peran masyarakat terhadap pencegahan penyakit. Maka, Presiden mencanangkan program Germas. "Dengan tujuan agar masyarakat berperilaku hidup sehat, meningkatnya produktifitas kerja dan berkurangnya biaya kesehatan," ujarnya. Gubsu berharap pencanangan ini, sebagai momen dan tekad akan pentingnya kesehatan masyarakat. Menjadikan masyarakat hidup sehat, mandiri dan berdaya saing dan tentu perlunya dukungan masyarakat. Gubsu juga mengatakan, Sumatera Utara mendapatkan 9 kabupaten/kota untuk program Germas yaitu Deli Serdang, Serdang Bedagei, Langkat, Batubara, Asahan, batu utara, Labuhan batu, Tapanuli Selatan dan Nias Selatan. Daerah tersebut merupakan daerah fokus intervensi kesehatan
dari Kemenkes RI yang dananya dari APBN.

Sementara Bupati Labuhan Batu, Pangonal Harahap mengatakan, pembangunan kesehatan adalah usaha bersama seluruh bangsa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Perilaku tidak sehat dapat dicegah dengan fokus upaya preventif dan promotif serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang perlu diperluas di tengah masyarakat termasuk di Puskesmas. Pencanangan yang dilakukan hari ini, lanjut Bupati, adalah gerakan bersama dengan tujuan menurunkan PTM dan Non PTM. Hal itu juga merupakan tanggungjawab lntas sektor. Perlunya sinergitas pemerintah dengan  masyarakat. Rangkaian kegiatan Germas yaitu pemeriksaan IVA, pemeriksaan mata, cek gula darah, pemeriksaan golongan darah dan lainnya. Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaaan Germas, senam massal, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, pemberian makanan tambahan kepada anak sekolah, penyerahan kartu indonesia sehat, penyerahan hadiah lomba dan lainnya.(YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Oct 2017 31°C 23°C
  • 20 Oct 2017 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px