Log in

Delapan RS Belum Terima Dana Klaim Pasien Unregister


Medan-andalas Manajemen sejumlah Rumah Sakit (RS) di Medan yang terdaftar sebagai pelayan pasien unregister (warga miskin tanpa identitas) mengeluh kepada anggota Komisi B DPRD Medan, Kamis (6/9) kemarin. Keluhan itu lantaran Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan belum mencairkan dana klaim pelayanan sejak tahun 2016. Sehingga, tidak ayal pelayanan terhadap pasien menjadi tak maksimal. Hal itu diungkapkan beberapa perwakilan rumah sakit saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi B DPRD Medan, di ruang Banggar DPRD Medan. “Sejak tahun 2016 lalu, belum ada pembayaran klaim. Sama halnya alur klaim yang rumit. Untuk tahun 2017 saja, tunggakan klaim sudah sekitar Rp40 juta. Walau demikian, kami tetap melayani pasien unregister,” terang perwakilan RS Mitra Medika, dr Chairul Syahputra yang juga diamini perwakilan RS Imelda, dr Syahrul.

Sedangkan perwakilan RS Delima Medan, Desi Lindawati Samosir, menyebutkan, pihaknya belum menerima klaim dari Dinas Kesehatan sejak tahun 2017 terkait pasien unregister. Padahal, RS Delima Medan telah melakukan pergantian berkas berulang kali. Sementara Dr Yowan, mewakili RS Bhayangkara Medan menambahkan, saat ini pihaknya melayani pasien tanpa identitas dengan menggunakan biaya hingga Rp70 juta. Sama dengan rumah sakit swasta di Kota Medan, RSUD dr Pirngadi Medan, juga mengaku saat ini merawat 109 pasienunregister. Klaim yang belum dibayar Dinas Kesehatan Kota Medan pada tahun 2016 sebesar Rp778 juta lebih dan pada tahun 2017 sebesar Rp482 juta.

Ketua Komisi B DPRD Medan, Rajuddin Sagala usai mendengar keterangan perwakilan rumah sakit di Kota Medan sebagai peserta BPJS unregister, tampak tercengang dan menyesalkan tindakan Dinas Kesehatan Kota Medan. “Kita sangat menyayangkan sikap Dinas Kesehatan Kota Medan yang lalai dan tidak bersedia membayar klaim rumah sakit. Inikan tidak mendidik dan pembodohan. Kita tuntut pihak rumah sakit agar melayani pasien unregister dengan baik, namun klaim yang mereka ajukan tidak kita sahuti,” sesal Rajuddin saat RDP itu walaupun Dinas Kesehatan Kota Medan tak hadir. Menurutnya, DPRD dan Pemko Medan telah menganggarkan biaya sebesar Rp5 miliar pada APBD 2018 untuk menanggulangi pasien unregister. Karena itu, pihaknya mendesak Dinas Kesehatan segera membayar klaim yang telah diajukan rumah sakit di Kota Medan. Diketahui, ada delapan rumah sakit (RS) yang terdaftar sebagai peserta BPJS unregister yakni RSUD dr Pirngadi, RS Bina Kasih, RS Delima, RS Bhayangkari, RS Mitra Medika, RS Imelda, RS Royal Prima dan RS Bunda Thamrin. (THA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px