Log in

Data WNA di Marelan dan Labuhan Deli

Ridha Syahputra Ridha Syahputra

Imigrasi Belawa

Medan-andalas Petugas pengawasan pada Kantor Imigrasi Kelas II Belawan terus melakukan pendataan warga negara asing yang berada di wilayah Kecamatan Medan Marelan, Medan dan Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang. Hal itu dilakukan menindaklanjuti keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, dengan nomor M.HH-03.OT.01.03 tahun 2018, tentang perubahan wilayah kerja. “Kita saat ini terus melakukan pendataan ke wilayah-wilayah yang sudah dialihkan ke Kanim Kelas II Belawan dari Kanim Kelas I Khusus Medan. selain pendataan, kita juga melakukan sosialisasi agar pengurusan izin tinggal pada WNA tersebut segera dialihkan ke Kanim Kelas II Belawan,” ungkap Kasi Wasdakim Kanim Kelas II Belawan, Ridha Syahputra kepada andalas, Minggu (15/4) petang.

Diakui Ridha, pihaknya terus melakukan konstrasi pengawasan terhadap kedua wilayah yang baru dialihkan tersebut. Sebab, tidak tertutup kemungkinan ditemukan pelanggaran keimigrasian di kedua wilayah itu. “Memang sejauh ini, kita belum ada menemukan pelanggaran keimigrasian, termasuk overstay. Tetapi kita tetap konstrasi untuk melakukan pengawasan di wilayah itu. Karena tidak tertutup kemungkinan, terjadi pelanggaran disana,” bebernya. Menurutnya, tidak ditemukannya pelanggaran keimigrasian di wilayah tersebut, sejauh ini dikarenakan faktor peta geografis kedua wilayah hanya untuk tempat tinggal. “Kayaknya mereka disana, hanya bertempat tinggal. Sedangkan untuk bekerja, mungkin ke kawasan KIM atau Hamparan Perak,” tambahnya.

Dalam melakukan pendataan, kata Ridha, petugas Wasdakim Kanim Kelas II Belawan berkordinasi dengan pihak kecamatan setempat. Hal itu untuk memperoleh jumlah WNA di wilayah tersebut. “Kita baru berkordinasi ke pihak kecamatan saja. Sebab, mereka yang paling mengerti wilayahnya. Dan mungkin, kita juga akan meminta data ke Kanim Kelas I Khusus Medan, karena sebelumnya pengawasan dilakukan pihak Kanim Kelas I Khusus Medan,” urainya sembari menerangkan, pihaknya baru menemukan dua WNA yang memiliki ITAS di dua kecamatan tersebut. Sebelumnya, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Sutrisno menyebutkan, perubahan wilayah kerja itu mendukung efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang Keimigrasian di masing-masing Kantor Imigrasi. (THA)n

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 18 Sep 2018 28°C 23°C
  • 19 Sep 2018 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px