Log in

BPJS Tolak Rekomendasi Dinsos


Medan-andalas Kabar mengenai defisitnya anggaran pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diperkirakan mencapai Rp9 triliun mulai dirasakan warga Medan.

Setidaknya, Dedi, warga yang tinggal di Jalan Brigjend Katamso, Kampung Baru itu merasakan tidak bisa lagi menggunakan rekomendasi masyarakat tidak mampu dari Dinas Sosial Medan untuk mengurus BPJS Kesehatan untuk program Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Surat rekomendasi dari kelurahan dan Dinas sosial tidak berlaku lagi. BPJS menolak dan berdalih adanya surat edaran dari pusat," ungkap Dedi saat melaporkan kasus yang dialaminya kepada anggota DPRD Medan Salman Alfarisi, Selasa (14/11).

Dikatakannya, dia mengalami hal itu saat mengajukan permohonan ke BPJS di Jalan Karya. Permohonan untuk BPJS Kesehatan PBI ditolak BPJS dengan dalih ada surat edaran dari Jakarta.

"Ada surat edaran makanya permohonan kami ditolak. Mereka mengatakan permohonan BPJS PBI tidak bisa diterima jika anggota keluarga dalam Kartu Keluarga sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri maupun PBI," sebutnya.

Dia kebingungan karena seluruh keluarganya dalam KK terdaftar sebagai BPJS Kesehatan PBI. "Sebelumnya kami kan sudah terdaftar sebagai BPJS Kesehatan PBI, harusnya BPJS tidak menolaknya," sebutnya seraya mengatakan setelah mengkonfirmasi ke BPJS, surat edaran dari pusat itu berlaku sejak 15 Oktober 2017.

Dia menyesalkan, kebijakan tersebut tidak pernah disosialisasikan kepada masyarakat, dan pemerintah daerah. Anggota DPRD Medan, Salman Alfarisi menganggap kebijakan BPJS tersebut sangat sepihak, arogan dan zolim terhadap warga tidak mampu.

"Jika kebijakan ini juga berlaku terhadap warga yang anggota keluarganya peserta PBI dari anggaran pemerintah, jelas ini tidak masuk akal," sebutnya.

Salman berjanji akan membawa persoalan ini dalam RDP di DPRD Medan. "Kalau BPJS defisit, kenapa masyarakat tidak mampu yang dikorbankan," kesalnya.

Sementara itu, Kepala Kepesertaan BPJS Kota Medan Suprianto yang dihubungi melalui saluran telepon seluler tidak bisa dihubungi, begitu juga saat dikonfirmasi melalui pesan singkat juga tidak membalas.(THA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 22°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px