Logo
Print this page

BPJS Kesehatan Lengkapi Fitur Mobile JKN

Kepala Cabang Medan BPJS Kesehatan, Sari Quratulainy Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Medan, Rahman Cahyo, saat memberi penjelasan fitur mobile JKN, Rabu (26/2) di Medan.(Andalas/Yunan) Kepala Cabang Medan BPJS Kesehatan, Sari Quratulainy Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Medan, Rahman Cahyo, saat memberi penjelasan fitur mobile JKN, Rabu (26/2) di Medan.(Andalas/Yunan)

Bisa Ubah Kelas Hingga Cek Kamar di RS

Medan-andalas Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan terus memperbaiki aplikasi digitalnya, Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan mendapat penambahan fitur baru berupa cek ketersediaan kapasitas tempat tidur, daftar pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), melihat jadwal tindakan operasi dan perubahan kelas. Slain itu, ada juga penambahan program layanan Siap Membantu (BPJS SATU) dan pelayanan HD dengan finger print.

“lni bagian dari komitmen BPJS Kesehatan peningkatan kualitas layanan, kemudahan serta keterbukaan akses informasi bagi peserta JKN KIS. Fitur-fitur dan program ini diharap membantu peserta saat membutuhkan pelayanan” ujar Kepala Cabang Medan BPJS Kesehatan, Sari Quratulainy, Rabu (26/2) di Medan.

Dijelaskannya, BPJS Kesehatan dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) pertengahan November 2019 lalu sepakat melakukan beberapa peningkatan kualitas pelayanan. Diantaranya berupa layanan antrian elektronik guna memberi kepastian waktu layanan pada peserta JKN-KIS.

Selain itu, rumah sakit harus memiliki display informasi ketersediaan tempat tidur untuk perawatan dan komitmen memastikan kemudahan pasien gagal ginja/ kronis mendapatkan kemudahan layanan cuci darah.

“Kami akomodir kebutuhan memenuhi komitmen ini melalui integrasi sistem informasi platform bersama antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan dalam aplikasi Mobile JKN," terang Sari didampingi Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Medan, Rahman Cahyo.

Karenanya, diharap dukungan seluruh fasilitas kesehatan baik itu FKTP maupun FKRTL atau rumah sakit bekerja sama untuk mengintegrasikan sistem ini secepatnya.lni bagian dari komitmen BPJS Kesehatan karena tahun ini merupakan tahun pelayanan dan tahun peningkatan kepuasan pelanggan.

Dalam fitur terbaru Pendaftaran Pelayanan, peserta JKN-KIS dapat melakukan pendaftaran ke FKTP melalui Mobile JKN dan mendapat nomor antrian di FKTP, dan jika dirujuk atau membutuhkan pelayanan di rumah sakit, peserta dapat mendaftar ke FKRTL melalui Mobile JKN. BPJS Kesehatan telah mengintegrasikan sistem informasi dari FKTP dan FKRTL.

Selain itu, jelas Sari lagi, fitur terbaru lain yaitu bisa memantau ketersediaan tempat tidur. Fitur ini tersedia sebagai sarana peserta untuk melihat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit sehingga dapat memberi alternatif pilihan rumah sakit sebagai tujuan tempat rawat inap di Iokasi terdekat peserta.

"Bila suatu ketika rumah sakit tidak dapat menerima pasien rawat inap dengan alasan tidak ada lagi ketersediaan tempat tidur, maka peserta dapat melakukan pengecekan ketersedian tempat tidur pada display tempat tidur tersebut," sarannya.(YN)

 

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com